Berita Pangkalpinang

Ekspor Lada Babel ke Vietnam Akan Dihentikan, DPRD Minta Ekspor ke Negara Lain Saja

Lada Babel yang dikirimkan ke negara Vietnam dengan menggunakan IG (Indek Geografis) Mentok White Paper tidak lagi dijual ke daerah tersebut

Ekspor Lada Babel ke Vietnam Akan Dihentikan, DPRD Minta Ekspor ke Negara Lain Saja
Bangkapos/Riki Pratama
Ketua Komisi II, DPRD Babel Adet Mastur. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Untuk meningkatkan harga lada di Provinsi Bangka Belitung, DPRD Provinsi Bangka Belitung meminta pihak Pemerintah Daerah untuk mengubah format ekspor yang dilakukan selama ini.

Lada Babel yang dikirimkan ke negara Vietnam dengan menggunakan IG (Indek Geografis) Mentok White Paper tidak lagi dijual ke daerah tersebut (Vietnam).

Namun ke negara lain seperti Senegal dan Dubai yang harganya lebih tinggi.

"Untuk meningkatkan harga lada kita telah rapat dan berkoordinasi ke Kementrian sebagai tindak lanjut format harus ada di DPRD, berdasarkan rapat terkait terobosan untuk meningkatkan harga lada memindahkan ekspor kita jangan lagi ke Vietnam, karena ekspor ke Vietnam menggunakan IG kita untuk ekspor ke daerah lain, dan harganya lebih murah,"ungkap Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bangka Belitung, Adet Mastur kepada wartawan, Senin (6/1/2020).

Dimana Adet menambahkan ada negara lain yang bisa membeli lada dengan harga tinggi, sehingga perlu dilakukan perubahan arah ekspor lada saat ini.

"Info kami dapatkan di Senegal harga lada di atas 500 ke atas di Dubai 700 ribu maka Pemerintah melalui Dinas terkait supaya melakukan komunikasi, karena melihat harga lebih tinggi nanti kita bikinkan format itu, apakah perlu regulasi atau kebijakan peraturan lebih tinggi, seperti perlu kebijakan pusat dari Menteri Perdagangan untuk mengatur tata niaga lada ini,"lanjutnya.

Selain itu, kata Adet apabila diperlukan aturan seperti payung hukum Peraturan Daerah dan hal lainya DPRD akan berupaya untuk mendukungnya.

"Di bila diperlukan aturan Perda kita buatkan Perda perlu angaran kita siapkan, tetapi perlunya format tersebut untuk wmningkatkan harga lada, kita minta bulan depan format menaikan harga lada telah ada di DPRD,"ungkapnya. (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved