Berita Sungailiat

Sampah Menumpuk di Luar Kotak Penampungan, Bupati Bangka Malu

Bupati Bangka Mulkan mengingatkan dan meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka untuk memperhatikan masalah persampahan

Sampah Menumpuk di Luar Kotak Penampungan, Bupati Bangka Malu
Bangkapos.com/Edwardi
Tumpukan sampah yang dibuang oknum masyarakat di luar kotak penampungan sementara di daerah Kelurahan Kenanga Sungailiat 

BANGKAPOS COM,BANGKA-- Bupati Bangka Mulkan mengingatkan dan meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka untuk memperhatikan masalah persampahan, khususnya pengangkutan sampah di wilayah Kota Sungailiat agar lebih digiatkan dan cepat diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

"Mohon pihak DLH segera diperhatikan dan ditindaklanjuti soal sampah yang akhir-akhir ini banyak berserakan di luar kotak penampungan sementara sampah, banyak yang dibuang ke atas trotoar atau di luar kotak penampungan sampah sementara," kata Mulkan saat kegiatan Coffee Morning bersama para kepala OPD dan pejabat di lingkungan Pemkab Bangka di OR Bangka Setara, Senin (06/01/2020).

Ditambahkan Mulkan, apabila tumpukan sampah tersebut dibiarkan terlalu lama akan membuat malu, apalagi bila dilihat orang luar. yang sedang melewati jalanan itu.

"Saya minta apabila memang kotak penampungan sampahnya memang sudah tidak muat lagi menampung sampahnya, maka digantikan dengan kontainer sampah saja," saran Mulkan.

Tumpukan sampah yang dibuang oknum masyarakat di luar kotak penampungan sementara di daerah Kelurahan Kenanga Sungailiat
Tumpukan sampah yang dibuang oknum masyarakat di luar kotak penampungan sementara di daerah Kelurahan Kenanga Sungailiat (Bangkapos.com/Edwardi)

Kepala DLH Kabupaten Bangka, Meinalina diwakili Kabid Pengelolaan Persampahan, Juhaidi menilai, ada kebiasaan oknum masyarakat yang hanya mau bertindak seenaknya dengan membuang atau melempar sampah yang dibawanya langsung dari sepeda motor atau mobil di atas trotoar atau di luar kotak penampungan sampah sementara.

"Kita bukan mau menyalahkan tetapi coba bapak perhatikan mereka membuang sampah di luar kotak penampungan yang disediakan, mau mudahnya saja kadang kotak sampahnya masih kosong tetapi tetap dibuang di luar kotak sampahnya," kata Juhaidi

Dijelaskan Juhaidi, untuk proses pengangkutan sampah di Kota Sungailiat dilakukan setiap hari, bahkan hari libur dan hari Minggu juga tetap bekerja mengakut sampah dari tempat pentungan sampah sementara ke TPA sampah.

"Memang untuk pengangkutan sampah di hari Minggu, petugas mengangkutnya agak sore hari, kalau hari lain setiap pagi dan siang," jelas Juhaidi.

Ditambahkannya, mengenai permintaan Bupati Bangka untuk menempatkan kontainer sampah di lokasi Kelurahan Kenanga itu sudah dilakukan pihak DLH Bangka.

"Untuk penempatan kontainer sampah itu sudah kami lakukan seperti yang diminta pak Bupati," tukas Juhaidi

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved