3 CARA Baik Menahan Marah, Ustaz Abdul Somad Beri Penjelasan Begini

Karena amarah memang kerap kali datang tanpa di minta dan di waktu yang tidak diduga. Kalau sudah begini, Anda dituntut untuk tetap tenang...

BANGKAPOS.COM-Pernahkah anda marah? Di antara kita pasti pernah mengalami marah karena perasaan marah adalah sesuatu yang wajar. Nabi, sahabat dan para ulama juga pernah marah.

Namun, yang paling penting diperhatikan adalah atas dasar apa kita marah dan bagaimana kita menyikapi gejolak itu.

Menahannya atau membiarkannya hingga memunculkan perlaku lanjutan, seperti berkata kasar, melukai orang lain, merusak barang, dan semacamnya.

Bagaimana caranya menahan emosi, begini kata ustaz Abdul Somad dalam isi ceramahnya di kanal youtube.com, agar bisa menahan emosi atau amarah yang memuncak pada setiap manusia.

Karena amarah memang kerap kali datang tanpa di minta dan di waktu yang tidak diduga. Kalau sudah begini, Anda dituntut untuk tetap tenang sembari menyingkirkan pikiran-pikiran negatif tersebut.

Wajar jika emosi Anda tersulut tiba-tiba usai mendengar kabar yang kurang mengenakkan.Jika Anda sedang merasa senang alias emosi positif, tentu segala aktivitas Anda akan semakin ringan. Berbanding terbalik jika

Anda sedang marah, kalut, dan sedih. Emosi negatif ini akan membuat hari Anda kian buruk dan akhirnya tidak bersemangat.

Berikut beberapa cara untuk meredam kemarahan, sesuai petunjuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wassallam:

1. Mengubah Posisi

Mengubah posisi. Dalam sebuah hadits dikatakan, “Kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah.” (HR. Abu Dawud).

Halaman
12
Penulis: Dedy Purwadi
Editor: ediyusmanto
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved