Berita Pangkalpinang

Dinsos Pangkalpinang Sulit Tangani Pemulung Bawa Anak Saat Memulung

Riza Setiawati mengatakan pihak dinsos selalu berupaya dan melakukan pendekatan dalam menangani pemulung yang membawa anak tersebut.

Dinsos Pangkalpinang Sulit Tangani Pemulung Bawa Anak Saat Memulung
Dokumen Bangka Pos
Kepala Bidang Rehabilitas Sosial (Rehsos) Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang, Riza Setiawati 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Di kota Pangkalpinang terasa keberadaan pemulung, bahkan tak sedikit dari pemulung membawa anak-anaknya saat memulung.

Ini tentu menjadi perhatian bagi pekerja sosial, bahkan Dinas Sosial Kota Pangkalpinang pun mengaku tidak bisa berbuat banyak hal dalam menangani kasus tersebut.

Dinas Sosial sendiri memang bertujuan melindungi anak-anak di bawah umur (dibawah 18 tahun) dengan upaya yang sudah ditentukan.

Kepala Bidang Rehabilitas Sosial (Rehsos) Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang, Riza Setiawati mengatakan pihak dinsos selalu berupaya dan melakukan pendekatan dalam menangani pemulung yang membawa anak tersebut.

"Kita pernah melakukan pendekatan kepada orangtuanya, tetapi alasannya bila tidak memulung tidak bisa makan, bila anak ditinggal tidak ada yang jagain. Kita tidak bisa apa-apa kalau sudah dijawab seperti itu," ujar Riza saat dikonfirmasi bangkapos.com, Rabu (8/1/2020).

Ia mengaku memang menyayangkan kasus pemulung yang membawa anaknya, sedangakan untuk pemulung sendiri bisa dibilang pekerjaan sehingga dinsos tidak menangani hal tersebut.

"Kita lebih ke anaknya yang dibawa saat memulung, memberikan pemahaman dan pendekatan kepada orangtuanya agar tidak membawa anaknya saat memulung. Kita tidak ada wewengan kalau memberikan sanksi, lebih kependekatan secara sosialnya," tuturnya.

Selama, tidak melakukan tindakan diluar batas wajar, tidak mencuri ataupun hal lain. Sang anak hanya menemani orangtua memulung itu tidak dipermasalahkan.

(bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved