Berita Pangkapinang

Pegawai Tak Tahu TPI Ketapang Bakal Diserahkan ke Pemprov

Aset Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ketapang di Sungai Baturusa sudah diserahkan Pemkot Pangkalpinang kepada Pemprov Babel.

Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kesibukan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ketapang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Kapal kayu yang bermotor kan seperti mesin mobil itu rata-rata merapat ke dermaga, dengan kesibukan masing-masing, ada yang sedang melakukan bongkar muat ikan, barang-barang kebutuhan pokok.

Ada juga yang telah selesai melakukan bongkar muat, sibuk menyiapkan kapal kayu itu untuk berangkat melaut lagi.

Panas terik matahari pukul 10.10 saat itu tidak menjadi halangan bagi mereka, mengenakan sepatu boots, celana pendek baju kaus dan topi saja, para nelayan dan buruh bongkar muat itu tetap bekerja mengeluarkan bebrbagai macam jenis ikan dari kapal mereka yang dimasukkan kedalam keranjang.

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pangkalpinang menjadi satu diantara pusat jual beli ikan dan bongkar muat kapal nelayan di Bangka. Pembelinya pun tidak hanya wilayah Pangkalpinang saja, tapi juga daerah sekitarnya.

Pagi ini Rabu (08/01/2020), Bangkapos.com berkunjung ke TPI Muara Sungai Batu Rusa atau dikenal sebagai TPI Ketapang yang bertempat di Jalan TPI Ketapang, Kecamatan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang.

Sekitar pukul 09:30 WIB suasana TPI masih terlihat ramai. Boks besar dan bak berukuran sedang berisi ikan berjejer didepan kapal, ikan-ikan tersebut siap dibeli oleh pelelang dan sebagian ikan tersebut akan di eksporkan langsung ke luar negeri.

Crane pengangkut yang menempel dikapal itu nampak sibuk sekali, berputar-putar kekiri dan kekanan, mengangkut sedikit demi sedikit boks-boks yang berisikan ikan yang siap di ekspor itu kedalam kapal.

Aset Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ketapang di Sungai Baturusa sudah diserahkan Pemkot Pangkalpinang kepada Pemprov Babel.
Bangunan dan tanah seluas 6,1 hektare itu kini menjadi tanggung jawab Pemprov Babel.

Namun pegawai dan honorer di tempat tersebut masih menjadi tanggung jawab Pemkot Pangkalpinang.

Sementara itu satu diantara pegawai TPI Ketapang saat ditanyai Bangkapos.com yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, mereka belum mengetahui jelas soal peralihan yang akan diserahkan ke Provinsi itu.

"Kalau hanya dengar-dengar peralihan itu sudah sejak tahun lalu, tapi jelasnya kita tidak tahu kapan dan seperti apa, kita akan ikuti saja prosesnya, bahkan sekarang pun kita tidak tau sudah peralihan atau belum," tuturnya

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved