Berita Pangkalpinang

Si Emos, Maskot Pilkada Belitung Timur 2020, Apa Istimewanya?

Si Emos terpilih menjadi maskot pada pesta demokrasi Belitung Timur September mendatang. Si Emos merupakan akronim dari Semproja Mencoblos.

Si Emos, Maskot Pilkada Belitung Timur 2020, Apa Istimewanya?
dok.KPU Beltim
Maskot Pilkada Beltim 2020. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  -  Si Emos terpilih menjadi maskot pada pesta demokrasi Belitung Timur September mendatang. Si Emos merupakan akronim dari Semproja Mencoblos.

Sempur Hujan Darat alias Semproja atau nama latinnya eurylaimus ochromalus. Semproja merupakan karakter yang diambil dari satu jenis burung khas Pulau Belitung.

Burung ini sangat mempesona karena variasi warnanya. Namun ia termasuk dalam kategori daftar merah dengan status hampir terancam.

Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Beltim Asrikhah menyampaikan desain ini dipilih sebagai maskot karena secara desain visual burung ini menggambarkan keceriaan dan keramahan.

"Maskot ini dipakai agar mengajak masyarakat mencoblos pada Pilkada September mendatang. Si Emos juga ditampilkan secara visual dengan warna cetah melambangkan kegembiraan menyambut pesta demokrasi," terang Asrikhah.

Maskot ini memakai baju melayu sebagai sarana mengomunikasikan pedan-pesan Pilkada pada masyarakat Belitung Timur. Tangan kanan memegang surat suara dan tangan kiri memegang paku untuk mencoblos.

"Badannya juga dibuat tegap supaya menggambarkan semangat dan optimisme," jelasnya.

Ia mengajak semua masyarakat Beltim hadir dalam launching maskot dan jingle di Lapangan Koramil Manggar hari ini Rabu (8/1/2020) pukul 19.30 WIB, akan dihadiri juga oleh Fadly Padi.

Selain maskot, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur juga akan melaunching jingle menjelang Pilkada Beltim September 2020 mendatang.

Jingle yang terpilih sebagai pemenang adalah karya Adi Rinaldi yang berasal dari Sungailiat. Jingle ini dipilih karena di dalamnya mengandung makna mengajak seluruh masyarakat Belitung Timur agar berpartisipasi di pesta demokrasi mendatang.

Halaman
123
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved