Info Kesehatan

Anda Sering Sakit Pinggang, Inilah Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Kebanyakan orang berpikir bahwa nyeri pinggang yang dirasakannya adalah akibat kelelahan beraktivitas sehingga hanya memerlukan istirahat ...

BANGKAPOS.COM-Ketika Anda merasakan nyeri atau sakit pada pinggang, jangan menganggapnya sebagai hal yang biasa dan bukan menjadi masalah yang serius. Nyeri pinggang biasanya bakal sembuh sendiri dalam hitungan hari atau minggu.

Kebanyakan orang berpikir bahwa nyeri pinggang yang dirasakannya adalah akibat kelelahan beraktivitas sehingga hanya memerlukan istirahat untuk menghilangkannya.
Pemikiran itu memang tidak sepenuhnya salah, namun kenyataannya beberapa kasus nyeri pinggang mempunyai penyebab yang bermacam-macam.

Sakit pinggang adalah rasa nyeri yang dirasakan di bagian tubuh sekitar tulang lumbar, di antara cakram, jaringan otot dan saraf tulang punggung, hingga organ tubuh di sekitar panggul dan perut. Ada beberapa penyebab sakit pinggang yang bisa Anda hindari dalam beraktivitas sehari-hari.
Dalam dunia medis, istilah yang digunakan untuk menggambarkan rasa sakit di daerah lumbar atau pinggang biasa disebut lumbago.

Tingkat keparahannya mulai dari akut (tiba-tiba) hingga kronis (jika sudah berlangsung lebih dari tiga bulan). Nyeri pinggang atau lumbago dapat dialami pada semua orang tak terbatas berapa pun usianya.

Penyebab Sakit Pinggang

Sebelum menjelaskan sakit pinggang sebelah kiri atau sakit pinggang sebelah kanan, hal penting lain yang perlu diketahui adalah hal-hal apa saja yang menyebabkan sakit pinggang.
Pada beberapa kasus, sakit pinggang bisa datang tiba-tiba dan berlangsung tidak lebih dari enam minggu. Hal ini biasanya disebabkan karena terjatuh atau mengangkat benda-benda berat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit pinggang yang diambil dari laman doktersehat.com di antaranya :

1. Ketegangan Otot atau Ligamen

Mengangkat beban berat terlalu sering atau gerakan tiba-tiba dapat meregangkan otot punggung dan ligamen tulang belakang. Ketegangan terus-menerus di punggung dapat menyebabkan kejang otot yang menyakitkan.

2. Disk Menonjol atau Pecah

Halaman
1234
Penulis: Dedy Purwadi
Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved