Pilkada Bangka Selatan

Awasi Tahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Bangka Selatan, Ini Warning dari Bawaslu

Erik mengingatkan para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju pada pilkada di Bangka Selatan tidak melakukan pelanggaran.

Awasi Tahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Bangka Selatan, Ini Warning dari Bawaslu
Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Selatan, Erik 

Awasi Tahapan Pilkada 2020 di Kabupaten Bangka Selatan, Ini Warning dari Bawaslu

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Selatan, Erik mengingatkan para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju pada pilkada di Bangka Selatan tidak melakukan pelanggaran.

Dia menyatakan bagi siapa saja yang melanggar larangan yang termaktub di dalam Pasal 71 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 akan dikenakan sanksi baik pembatalan sebagai calon, sanksi pidana hingga denda.

Erik menyebutkan jika pada Rabu, (8/1/2020) pihaknya telah mengeluarkan surat edaran kepada Kepala Daerah Bangka Selatan untuk tidak melakukan mutasi atau penggantian jabatan di lingkungan Pemerintah Daerah Bangka Selatan.

Untuk itu, Erik menyatakan bagi pejabat pemerintahan yang melakukan pelanggaran terhadap Pasal 71 Ayat 2 UU Nomor 10 tahun 2016 akan dipidana penjara paling singkat satu bulan atau paling lama enam bulan dan/atau denda paling sedikit Rp 600.000, dan paling banyak Rp 6 juta.

Sementara itu untuk pejabat daerah, pejabat ASN atau kades/lurah yang melanggar Pasal 71 Ayat 1 akan dikenai pidana penjara paling lama enam bulan atau denda paling sedikit Rp 600.000 dan paling banyak Rp 6 juta.

Menurut Erik, dengan imbauan atau surat edaran yang disampaikan oleh pihaknya di Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan dapat memaksimalkan pelayanan dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Kita juga netralitas ASN dapat benar-benar dipertanggungjawabkan serta bermanfaat untuk mengoptimalkan pengawasan netralitas hingga pelaksanaan pilkada berhasil memunculkan dampak yang baik pula," tegas Erik. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved