Advertorial

Bupati Markus Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Bupati Bangka Barat, Markus SH, mengajak masyarakat ikut berpartisipasi aktif menyukseskan sensus penduduk (SP)

Bupati Markus Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020
Ist
Bupati Bangka Barat menerima buku rilis indikator makro Kabupaten Bangka Barat tahun 2019 dari Kepala BPS Zainubi. 

BANGKAPOS.COM--Bupati Bangka Barat, Markus SH, mengajak masyarakat ikut berpartisipasi aktif menyukseskan sensus penduduk (SP) 2020 di Bangka Barat.

Demikian disampaikan Bupati Markus dalam sambutan saat membuka acara sosialisasi SP 2020 di gedung Batu Rakit BKPSDM, Kamis (9/1) pagi.

Ajakan politisi PDI Perjuangan itu untuk bersama menyukseskan sensus penduduk 2020 di Bangka Barat bukan tanpa alasan, sebab data yang didapat dari sensus penduduk memberikan manfaat besar bagi keperluan pembangunan mulai dari pembangunan di bidang perumahan, pendidikan, kesehatan dan sebagainya.

Bupati Markus tandatangani komitmen dukungan pelaksanaan SP 2020.
Bupati Markus tandatangani komitmen dukungan pelaksanaan SP 2020. (Ist)

"Hari ini, di sela sosialisasi ini kita juga akan melakukan penandatanganan komitmen sebagai bentuk dukungan semua pihak terhadap suksesnya pelaksanaan SP 2020.
Saya meminta seluruh peserta yang hadir agar sepulangnya dari sini, dapat menyebarluaskan pesan sosialisasi SP ini ke seluruh masyarakat. Supaya masyarakat kita khususnya di Bangka Barat, tidak hanya tahu akan dilaksanakannya SP 2020, namun secara sukarela juga mau berpartisipasi," imbuhnya.

Markus juga meminta para kepala desa dan camat menyampaikan kepada warga di masing-masing wilayah agar warga tak kaget saat petugas BPS turun menemui warga.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Barat Zainubi menjelaskan, salah satu poin utama pelaksanaan sensus yang dilakukan 10 tahun sekali ini adalah untuk menuju satu data kependudukan.

Berbeda dari sebelumnya, SP 2020 bakal memadukan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sehingga didapatkan single data.

Foto bersama usai penandatanganan komitmen Bupati Bangka Barat dan unsur Forkopimda
Foto bersama usai penandatanganan komitmen Bupati Bangka Barat dan unsur Forkopimda (Ist)

"Artinya, data administrasi yang tersedia pada Ditjen Dukcapil akan dikombinasikan dengan pencacahan lapangan baik melalui pendataan mandiri atau sensus penduduk online maupun door to door," tutur Zainubi.

Sekedar diketahui, sensus penduduk 2020 akan diawali dengan sensus penduduk online selama Februari hingga Maret 2020. Pada tahap ini, diharapkan partisipasi aktif masyarakat dengan mengisi formulir elektronik SP2020 melalui sensus.bps.go.id. Setelah tahap ini selesai, bagi penduduk yang belum berpartisipasi pada sensus penduduk online, akan dicacah pada Juli 2020 mendatang. [Humas Bangka Barat]

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved