Berita Pangkalpinang

Pembayaran Pajak Kendaraan di Kota Pangkapinang Meningkat Sejak Berlangsung Pemutihan

Terjadi peningkatan pembayaran pajak keseluruhan kendaraan di kota Pangkalpinang setelah terselenggaranya pemutihan pajak.

Pembayaran Pajak Kendaraan di Kota Pangkapinang Meningkat Sejak Berlangsung Pemutihan
Dokumen Bangka Pos
PEMUTIHAN PAJAK - Sejumlah warga Pangkalpinang mengurus pembayaran pajak dalam pemutihan pajak kendaraan di UPTD/Samsat DPPKAD Kepulauan Babel Wilayah Kota Pangkalpinang, Selasa (1/8/2017). 

Terjadi peningkatan pembayaran pajak keseluruhan kendaraan di Kota Pangkalpinang setelah terselenggaranya pemutihan pajak.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kasi Penetapan, Pembukaan dan Pelaporan Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Wedius Virkiyan mengungkapkan terjadi peningkatan pembayaran pajak keseluruhan kendaraan di kota Pangkalpinang setelah terselenggaranya pemutihan pajak.

Program kebijakan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung tersebut diakuinya banyak dimanfaatkan masyarakat dalam menghidupkan pajak kendaraan yang sudah mati, bahkan balik nama untuk pengguna kendaraan plat luar daerah Bangka Belitung.

Pasalnya saat mengikuti pemutihan pajak, penunggak pajak memperoleh keringanan denda pajak.

"Progres dari jumlah berkas meningkat signifikan. Sehari secara keseluruhan masyarakat yang membayar pajak baik dari masyarakat taat pajak dan ikut pemutihan pajak bisa sampai kisaran 600 orang sehari. Kalau hari biasanya hanya kisaran 300 orang,"jelas Wedius saat dikonfirmasi bangkapos.com, Kamis (9/1/2020).

Ia pun membeberkan data jumlah unit kendaraan di kota Pangkalpinang dari tanggal mulai pemutihan pajak 31 Desember 2019 -  8 Januari 2020 sebanyak sekitar 3221 jumlah unit kendaraan dengan nilai uang keseluruhan Rp 2.536.427.000.

"Data tersebut sejak mulai pemutihan pajak dan data tersebut data keseluruhan pembayaran pajak baik dari masyarakat taat pajak dan masyarakat yang ikut pemutihah," tambahnya.

Wedius juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti pemutihan pajak dan mendukung program tersebut.

"Manfaatkanlah seoptimal mungkin pemutihan pajak ini, sebab dikhawatirkan nanti tidak ada lagi pemutihan pajak. Tujuan dari program ini selain membantu masyarakat juga untuk mempermudahkan pembuatan fuelcard," tuturnya.

Manfaatkan Pemutihan Pajak untuk Balik Nama

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved