Berita Pangkalpinang

Pemprov Bangka Belitung Dorong SMK Bentuk BLUD untuk Tingkatkan Keterampilan Siswa

Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung berupaya untuk menjadikan SMK Sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Pemprov Bangka Belitung Dorong SMK Bentuk BLUD untuk Tingkatkan Keterampilan Siswa
Bangkapos.com/Riki Pratama.
Kepala Dinas Pendidikan, M Soleh 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, berupaya untuk menjadikan SMK Sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Tujuanya, bukan hanya untuk memperkuat basis kompetensi para lulusan SMK saja.

Tetapi, melalui Teaching Factory dilatih untuk dapat melakukan proses produksi layaknya industri.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, M Soleh, mengatakan, sekolah diminta untuk mempersiapkan sumber daya manusia saat ini.

"Tinggal kita implementasi melalui Surat Keterangan (SK) telah siap tinggal sekolah menyiapkan sumber daya manusia, kita doakan bersama tujuan berdiri BLUD dapat meningkatkan pengetahuan keterampilan dan meningkatkan perekonomian,"ungkap Soleh kepada wartawan, Kamis (9/1/2020).

Ia menambahkan, masih ada beberapa kendala dalam mewujudkan BLUD disetiap sekolahnya.

"Kendala ada peraturan yang belum kita persiapan ini perlu kita siapkan regulasi lain-lain, sudah setahun lebih mempersiapkan ini, namun sudah disampaikan untuk langkah persiapan BLUD,"lanjutnya.

Soleh menjelaskan, bahwa dengan adanya BLUD nanti, diharapkan bisa membuat sekolah menjadi mandiri dalam mencetak siswa yang bisa berwirausaha.

"Mereka terkendala proses pemasaran karena bukan mencari profit, sekolah menjadi bisnis industri, namun tujuan pendidikan tercapai dan keterampilan apalagi siswa SMK ini bukan disiapkan melanjutkan sekolah, pertama mereka siap kerja wirausaha dan bisa bekerja diharapka sektor formal dan non formal,"tukasnya.

Ia menjelaskan BLUD diharapkan sangat menunjang, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan pembangunan kepada sekolah.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved