Kriminalitas

Sidang Mantan Kadis ESDM Bangka Belitung, Penasehat Hukum Sebut Saksi Seharusnya Ikut Jadi Tersangka

Terdakwa Mantan Kepala Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung Suranto Wibowo kembali jalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang

Sidang Mantan Kadis ESDM Bangka Belitung, Penasehat Hukum Sebut Saksi Seharusnya Ikut Jadi Tersangka
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Sidang tindak pidana korupsi terdakwa Suranto Wibowo di Pengadilan Negeri (PN) Kota Pangkalpinang, Kamis (09/01/2020). 

Sidang Mantan Kadis ESDM Bangka Belitung, Penasehat Hukum Sebut Saksi Seharusnya Ikut Jadi Tersangka

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Terdakwa Mantan Kepala Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung Suranto Wibowo kembali jalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kota Pangkalpinang, Kamis (09/10/2020).

Ia tersandung kasus tindak pidana korupsi (tipikor)  penarangan jalan umum (PJU) solar cell di Belitung dan Belitung Timur senilai Rp 2,9 miliar.

Pada sidang kali ini Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan dua saksi, untuk memberikan keterangannya dihadapan Majelis Hakim.

Saksi pertama yaitu Novrizal yang menjabat sebagai Pejabat Pengadaan dan Pejabat Pelaksanaan Teknis (PPTK), serta Heru sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Dalam kesaksiannya saksi Novrizal mengungkapkan, beberapa kali bertemu dengan terdakwa Chandra yang juga terseret dalam kasus terdakwa Suranto Wibowo.

"Ada komunikasi dengan Chandra tentang masalah spek, saya diperintahkan Suranto untuk bertemu dengan Chandra. Banyak yang dateng ke kantor untuk memberikan brosur, tapi lihatnya brosur dari pak Chandra," ujar Novrizal.

Selain itu saksi Novrizal juga mengakui bertemu dengan terdakwa Chandra di sebuah warung kopi.

"Surat kontrak saya serahkan ke Chandra karena saya pikir itu Pak Wijaya (terdakwa dalam kasus yang sama), yang buat berita acara itu saya, setelah itu saya kasih ke Suranto selaku pengguna anggaran. Setelah itu surat penerimaan anggaran. Saya disuruh Pak Suranto untuk bertemu dengan pak Chandra di warung kopi," jelasnya.

Lebih lanjut saksi lain yaitu Heru mengatakan anggaran awal untuk Proyek Penerangan Jalan Umum (PJU) solar cell di Belitung dan Belitung Timur sebesar Rp 11 Miliar.

Halaman
12
Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved