Berita Sungailiat

7.000 Pohon Penghijauan Ditanam Polda Bangka Belitung

Kegiatan di Polda Kepulauan Bangka Belitung dipusatkan di Kawasan Pantai Batu Ampar Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka

7.000 Pohon Penghijauan Ditanam Polda Bangka Belitung
bangkapos.com/Deddy Marjaya
Kapolda Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat bersama pejabat lainnya melakukan penanaman pohon penghijauan Polri Peduli Penghijauan di Pantai Batu Ampar Merawang Kabupaten Bangka Jum'at (20/1/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 7.000 bibit pohon penghijauan berbagai jenis ditanam oleh Jajaran Polda Kepulauan Bangka Belitung Jum'at (10/1/2020).

Kegiatan ini merupakan program Polri Peduli Penghijauan yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Kegiatan di Polda Kepulauan Bangka Belitung dipusatkan di Kawasan Pantai Batu Ampar Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka dipimpin Kapolda Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat.

Kegiatan dikuti oleh anggota TNI AD, Lanal Babel, Kompi 141 Sungailiat, Pemprov Babel, Pemkab Bangka, Polres Bangka, organisasi lingkungan hidup serta instansi lainnya.

"Sekitar 7.000 bibit tanaman penghijauan kita tanam di Bangka Belitung dalam program Polri Peduli Penghijauan," kata Brgijen Pol Anang Syarif Hidayat

Brgijen Pol Anang Syarif Hidayat mengatakan pada saat bersamaan selain di Pantai Batu Ampar juga dilaksanakan penanaman pohon di kawasan Pantai Jembatan Emas dan Komplek Perumahan Bhayangkara Residen.

Untuk jenis pohon yang ditanam antara lain, mangrove, jambu, jambu mete, rambutan, mangga, rambutan dan durian.

"Manfaatnya luar biasa seperti mangrove selain penghijauan juga akan kembali menghidupkan ekosistem lain karena tempat bermain udang, kepiting dan ikan sedangkan pohon buah buahan berguna bagi masyrakat " kata Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat

Kawasan Pantai Batu Ampar masuk dalam kawasan hutan lindung pantai. Kawasan ini seperti beberapa pantai disekitarnya rusak akibat penambangan ilegal.

Pihak kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beberapa waktu lalu telah melakuan pengusiran terhadap warga yang membuat pondok dan camp dilokasi.

Bagitu juga para penambang. Kawasan ini sedang dilakukan upaya penghijauan kembali.

"Kita terus berupaya menghijaukan kembali kawasan ini sehingga program seperti yang dilaksanakan Polda Kepulauan Bangka Belitung ini sangat membantu," kata Jon Tuahdi Saragih Kabid Perlindungan dan KSDAE Dishut Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

(bangkapos.com/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved