Berita Bangka Selatan

Perbup Bangka Selatan No 46 Tahun 2019 Bisa Jadi Acuan Pemilihan RT dan RW

Peraturan ini dibuat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan peran serta masyarakat dan mendukung

Perbup Bangka Selatan No 46 Tahun 2019 Bisa Jadi Acuan Pemilihan RT dan RW
Dok/Misunder
Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Kawasan Pedesaan DSPPAMD, Misunder

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 46 Tahun 2019 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dan Lembaga Adat Desa (LAD).

Peraturan ini dibuat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan peran serta masyarakat dan mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pemerintahan desa dan kelurahan. 

Peraturan Bupati ini juga dibentuk sebagai pedoman umum untuk membentuk Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Daerah.

Khususnya sebagai acuan umum dalam pemilihan ketua Rukun Tetangga (RT) maupun ketua Rukun Warga (RW) yang ada di desa maupun kelurahan di Bangka Selatan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pembangunan Kawasan Pedesaan, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Misunder menyebutkan sebagai acauan atau landasan hukum dalam menentukan pemilihan Ketua RT dan Ketua RW.

"Peraturan Bupati ini sebenarnya hanya bersifat umum, sedangkan untuk petunjuk teknis akan diperjelas melalui peraturan desa maupun tata tertib di kelurahan tetapi harus tetap selaras dengan perbup," ujar Misunder pada Jumat, (10/1/2020).

Adapun Peraturan Bupati Peraturan Bupati Nomor 46 Tahun 2019 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa lanjut Misunder merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeriranmor 18 Tahun 2018 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa

Pihaknya tambah Misunder telah lakukan sosialisasi secara langsung di tiap-tiap kecamatan di Bangka Selatan.

Dengan adanya pengaturan ini, Misunder berharap agar fungsi LKD dan LAD sebagai mitra pemerintah desa di Bangka Selatan dan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat serta mendayagunakan dalam proses pembangunan desa. (Bangkaps/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved