Berita PT Timah

Dalam Setahun Terakhir, Baksos Operasi Bibir Sumbing di RS Medika Stania Telah Tangani 160 Pasien

"Kami berharap kegiatan ini tetap konsisten dilakukan hingga pasien bibir sumbing dan langit-langit di Babel bisa tuntas ditangani bersama stakeholder

Dalam Setahun Terakhir, Baksos Operasi Bibir Sumbing di RS Medika Stania Telah Tangani 160 Pasien
bangkapos.com / edwardi
Para pasien dan keluarga menunggu giliran operasi bibir sumbing dan langit-langit di ruang tunggu instalasi bedah RSMS Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Direktur Rumah Sakit Medika Stannia (RSMS) dr Zaenal Arpan mengatakan sejak dimulai bulan Desember 2018 hingga Januari 2020 atau sekitar setahun terakhir, kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit gratis bagi pasien dari keluarga kurang mampu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah berlangsung 13 kali. Total jumlah pasien yang sudah berhasil ditangani tim dokter dan medis adalah sekitar 160 orang.

"Kami berharap kegiatan ini tetap konsisten dilakukan hingga pasien bibir sumbing dan langit-langit di Babel bisa tuntas ditangani bersama stakeholder lainnya,," kata Zaenal Arpan di sela-sela kegiatan operasi bibir sumbing dan langit-langit gratis tahap ke-13 di instalasi bedah RSMS Sungailiat, Sabtu (11/01/2020).

Ditambahkannya, ke depan PT RSBT dan RSMS Sungailiat bekerja sama dengan dokter spesialis bedah plastik, dr Iqmal Perlianta juga akan membantu operasi bedah plastik lainnya yang biayanya tidak bisa dicover pasien dari keluarga kurang mampu.

"Jadi kami bukan hanya mengoperasi pasien bibir sumbing dan langit-langit saja, tetapi juga menangani pasien yang membutuhkan operasi bedah plastik lainnya, seperti pasien tumor pembuluh darah di wajahnya, pasien seperti ini juga membutuhkan penanganan dokter spesialis bedah plastik," ujar Zaenal Arpan.

Zaenal bersyukur dengan dukungan penuh Direktur Utama PT RSBT, Dodi Setiabudi, ke depan kegiatan semacam ini akan semakin berkontribusi bagi masyarakat Bangka Belitung

"Pada tahun 2020 ini, alhamdulillah RSMS Sungailiat sudah diberikan peralatan baru, Endoskopi. yang bisa digunakan untuk melihat luka di lambung, luka di usus besar, dan lainnya," ujar Zaenal.

Dilanjutkannya, pelayanan terhadap masyarakat di RSMS Sungailiat ini akan semakin terus ditingkatkan dengan cara memperbarui peralatan, menambah ruang perawatan, dan penambahan dokter spesialis.

"Bagi pasien BPJS Kesehatan yang menggunakan peralatan Endoskopi tidak dikenakan biaya apapun, semuanya sudah ditanggung BPJS ," tukasnya.

Ditambahkannya, setiap tahun RSMS Sungailiat dengan support PT RSBT akan terus menambah peralatan medisnya sehingga semakin sedikit pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit di luar Kota Sungailiat.

"Besok kami juga akan melakukan operasi bedah plastik terhadap pasien anak yang mengalami tumor pembuluh darah di wajahnya dari keluarga tidak mampu dengan support dari PT Timah, biasanya operasi semacam ini harus dilakukan di Palembang namun keluarga pasien keberatan karena kurang mampu membiayai transportasi dan akomodasi selama berada di Palembang sehingga operasi di RS MS Sungailiat sehingga tidak memberatkan keluarga pasien," jelas Zainal Arpan.

Halaman
123
Penulis: edwardi
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved