Advertorial

Erzaldi: Perlu Adanya Kebijakan Perlindungan Varietas Tanaman Unggul

“Setelah kontes ini, bagaimana kita ( red: pemerintah) menetapkan kebijakan perlindungan untuk menetapkan jenis - jenis buah durian lokal

Erzaldi: Perlu Adanya Kebijakan Perlindungan Varietas Tanaman Unggul
Diskominfo Babel
Gubernur Erzaldi Rosman saat menghadiri kegiatan kontes dan bazar buah durian di halaman Kantor Gubernur Provinsi Kep. Bangka Belitung, Sabtu (11/1). 

BANGKAPOS.COM - Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengungkapkan perlunya melindungi varietas tanaman durian, khususnya hasil perkebunan durian lokal yang unggul agar tidak hilang serta memiliki kualitas yang baik. Hal ini juga ditujukan sebagai bentuk perlindungan kepada para petani lokal.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Erzaldi Rosman saat menghadiri kegiatan kontes dan bazar buah durian di halaman Kantor Gubernur Provinsi Kep. Bangka Belitung, Sabtu (11/1).

“Setelah kontes ini, bagaimana kita menetapkan kebijakan perlindungan untuk menetapkan jenis - jenis buah durian lokal yang memang unggul sesuai dengan persyaratan kriteria yang ditetapkan oleh tim penilai dari balai varietas," ungkapnya.

Melalui perlindungan varietas ini, Gubernur Erzaldi Rosman menjelaskan, para pemegang hak varietas ini akan mendapatkan imbalan dan diharapkan dapat menjaga produktivitasnya guna menjaga harga, khususnya saat memasuki musim panen.

“Nanti ada royaltinya. Saya harapkan ke depan, budidaya durian-durian unggul dan bagus tidak saja milik para pemenang kontes pemegang varietas hak tanaman. Kita berkeinginan bibit- bibit buah durian yang bagus itu kita masifkan, perbanyak dengan didukung oleh teknologi pertanian sehingga membuat durian Babel ini mudah didapatkan, tetapi dengan mempertahankan mutu agar harganya tetap memberikan nilai tambah bagi petani," ungkap Gubernur Erzaldi Rosman. (Diskominfo Babel)

Penulis : stevani
Foto : rafiq

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved