Pilkada Bangka Selatan 2020

Pastikan Calon Perseorangan Didukung Masyarakat, Bawaslu Basel Akan Lakukan Verifikasi Faktual

verifikasi ini dilakukan untuk memastikan agar peserta Pilkada 2020 khususnya di Kabupaten Bangka Selatan benar-benar mendapatkan dukungan

Pastikan Calon Perseorangan Didukung Masyarakat, Bawaslu Basel Akan Lakukan Verifikasi Faktual
Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Selatan, ErikĀ  

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan, Erik menyebutkan pihaknya akan lakukan verifikasi faktual terhadap syarat dukungan bakal calon peserta Pilkada 2020 yang mengambil jalur perseorangan.

Kepada bangkapos.com, Erik mengatakan verifikasi ini dilakukan untuk memastikan agar peserta Pilkada 2020 khususnya di Kabupaten Bangka Selatan benar-benar mendapatkan dukungan dari masyarakat Kabupaten Bangka Selatan sebelum nantinya mendaftarkan diri.

"Iya benar sekali kami akan melakukan pengawasan yang melekat sekaligus untuk mengetahui san mengawasi apakah bakal calon perseorangan ini mendapatkan dukungan," ujar Erik pada Sabtu, (11/1/2020).

Pihaknya tambah Erik melakukan pengawasan dengan cara 'door to door'. Ini dilakukan agar benar-benar secara detail mengetahui apakah calon terkait mendapatkan dukungan dari setiap pemilik rumah yang telah melampirkan dukungannya.

"Kami akan lakukan pengecekan sesuai dengan lampiran KTP yang diserahkan oleh si calon, nantinya akan kami tanyakan apakah benar-benar mendukung calon perorangan itu," tambahnya.

Ketika semua lampiran yang disampaikan oleh calon perseorangan ini sesuai dan layak, maka tentunya Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan akan membiarkan calon perseorangan ini untuk melanjutkan pendaftaran sebagai bakal calon peserta Pilkada 2020 di Kabupaten Bangka Selatan.

"Kalau lampiran dan hasil pengawasan sesuai maka proses akan diteruskan untuk melakukan pendaftaran," tegasnya.

Dalam pengawasan ini, Erik juga mengajak Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Selatan untuk bersama-sama saling membahu dan membantu agar pelaksanaan tahapan pencocokan dukungan kepada perseorangan ini dapat berjalan lancar dan tanpa kendala.

Ajakan ini disampaikan Erik mengingat kinerja ekstra yang harus dilakukan oleh pihaknya sementara Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan hanya memiliki satu orang Petugas Pengawas Lapangan (PPL) dan disupport oleh tiga orang Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Kami hanya memiliki empat personil, khawatirnya akan terkendala banyaknya titik objek, sehingga kami meminta KPU bersama Bawaslu dapat secara optimal untuk bekerja," tukasnya. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved