Kontes Durian Bangka Belitung

Durian Kelereng Terancam Punah, Bentuknya Kecil Gubernur dan Kapolda Bangka Belitung Kaget Rasanya

Durian Kelereng bagi pecinta durian mungkin asing mendengarnya. Besarnya hanya sekepalan tangan orang dewasa.

Durian Kelereng Terancam Punah, Bentuknya Kecil Gubernur dan Kapolda Bangka Belitung Kaget Rasanya
Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Gubenur Erzaldi Rosman menunjukkan durian kelereng Sabtu (11/1/2020) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Durian Kelereng bagi pecinta durian mungkin asing mendengarnya. Besarnya hanya sekepalan tangan orang dewasa. Namun walaupun isinya juga bisa dibilang mini sebesar jempol kaki rasanya bisa diadu dengan durian varietas lainnya.

Isi buah tidak lembek dengan rasa manis legit. Sayang bisa dibilang durian jenis ini kemungkinan akan punah. Masih ada satu batang berdiri dan selalu berubah dengan besar yang sama di Desa Pusuk Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pusuk sejak dulu memang merupakan kawasan yang dikenal sebagai daerah penghasil durian unggul berbagai jenis.

"Namanya durian kelereng di Pusuk cuma ada satu batang itupun rencananya akan ditebang oleh teman pemiliknya bernama Dede," kata Najeep warga Mentok yang membawa sekitar 10 butir durian kelereng saat gelaran kontes durian lokal Bangka Belitung di Halaman Kantor Gubernur Bangka Belitung, Sabtu (11/1/2020)

Saat Najeep menenteng durian kelereng tesebut mengundang perhatian Kapolda Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat dan perwira Polda lainnya.

Kapolda Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat dan Wakapolda Kombes Pol Slamet Hadi Supraptoyo saat mencicipi durian kelereng asal Pusuk Bangka Barat yang dibawa Najeep Sabtu (11/1/2020) di Halaman Kantor Gubernur Bangka Belitung
Kapolda Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat dan Wakapolda Kombes Pol Slamet Hadi Supraptoyo saat mencicipi durian kelereng asal Pusuk Bangka Barat yang dibawa Najeep Sabtu (11/1/2020) di Halaman Kantor Gubernur Bangka Belitung (Bangkapos.com/Deddy Marjaya)

Penasaran kemudian tiga buah durian dibuka dan dicicip oleh Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat, Wakapolda Kombes Pol Slamet Hadi Supraptoyo dan perwira lainya.

Awalnya mereka tak percaya durian kelereng yang dibuka Najeep memilki isi karena kecil buahnya dibandingkan durian biasa. Namun setelah menikmatinya mereka pun kaget.

"Hemmm rasanya beda manis legit dan buahnya tidak lembek," kata Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat begitu juga perwira Polda lainnya.

Beberapa tamu undangan lainnya yang ingin mencoba dan mencicipi gigit jari. Pasalnya tersisa bebarapa butir untuk diberikan dan dicoba Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.

Sesaat usai kegiatan kontes durian Najeep yang ternyata dikenal oleh Erzaldi Rosman mendekat dengan membawa durian kelereng. Terlihat kening Erzaldi Rosman berkerut seolah bertanya.
"Duren apa nya Jep kecik ade dak isi e cuba buka," kata Erzaldi.

Halaman
12
Penulis: deddy_marjaya
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved