Ini Tips Simpan Bahan Makanan agar Awet Saat Rumah Kebanjiran

Untuk itu bagi saat musibah banjir terjadi selain berusaha menyelamatkan barang-barang agar tak terendam air, adalah stok makanan yang cukup

Ini Tips Simpan Bahan Makanan agar Awet Saat Rumah Kebanjiran
Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Ilutrasi Aneka buah dan sayuran segar 

BANGKAPOS.COM--Saat musim hujan seperti ini masyarakat harus waspada. Apalagi yang tinggal di daerah-daerah yang rentan banjir.

Untuk itu bagi saat musibah banjir terjadi selain berusaha menyelamatkan barang-barang agar tak terendam air, adalah stok makanan yang cukup, sehingga saat warga terjebak di rumah tidak bisa evakuasi ke wilayah yang aman dari banjir maka ada makanan yang bisa dimakan.

Pasalnya saat terjadi banjir berdampak sulitnya masyarakat memperoleh bahan makanan.

Bahan makanan yang terbatas, akses untuk memperoleh makanan siap saji yang kadang sulit, membuat sebagian masyarakat harus putar otak untuk mengolah bahan-bahan yang masih bisa mereka peroleh dan mudah pengolahannya.

Berikut tips menyimpan bahan makanan agar awet dan mudah diolah dari Chef Yudi, penanggungjawab memasak makanan untuk para pengungsi banjir Jakarta di posko pengungsian GOR Kecamatan Cengkareng.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan jika rumahmu masih dialiri listrik adalah memanfaatkan fungsi lemari pendingin.

Warga beraktivitas di tengah genangan banjir di kawasan Kampung Pulo, Kampung Makasar, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Banjir yang melanda kawasan tersebut kedalamannya mencapai 1,5 meter. Tingginya curah hujan membuat sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengalami kebanjiran.
Warga beraktivitas di tengah genangan banjir di kawasan Kampung Pulo, Kampung Makasar, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Banjir yang melanda kawasan tersebut kedalamannya mencapai 1,5 meter. Tingginya curah hujan membuat sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengalami kebanjiran. (Warta Kota/Henry Lopulalan)

Menurut Chef Yudi, baik sayuran atau daging bisa kamu bekukan di dalam lemari es untuk memperpanjang masa awet bahan tersebut. 

"Sayuran bisa direbus dulu, setengah matang saja. Jika sudah, pastikan kering dulu, lalu masukkan ke plastik. Bungkus rapat, lalu divakum," ujar Chef Yudi kepada Kompas.com di GOR Cengkareng, Jumat (3/1/2020).

"Atau pastikan jangan ada udara di dalam plastik. Terus masukkan ke freezer dan biarkan beku saja," lanjutnya.

Hal yang sama juga berlaku pada protein, misalnya, daging sapi atau ayam. Bedanya, daging harus direbus hingga matang. Jika sudah matang, keringkan dengan tisu atau lap dan masukkan ke dalam plastik.

Halaman
12
Editor: nurhayati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved