MISTERI Suara Dengung Terdengar di Seluruh Dunia Terpecahkan, Ilmuwan Beri Penjelasan Begini

Pada Mei dan Juni 2018, banyak sinyal seismik yang terdeteksi oleh badan-badan pemantauan gempa bumi di seluruh dunia.

MISTERI Suara Dengung Terdengar di Seluruh Dunia Terpecahkan, Ilmuwan Beri Penjelasan Begini
Tribun Medan/Dedy Sinuhaji
Guguran awan panas turun dari puncak kawah Gunung Sinabung (ilustrasi foto) 

BANGKAPOS.COM - Pada Mei dan Juni 2018, banyak sinyal seismik yang terdeteksi oleh badan-badan pemantauan gempa bumi di seluruh dunia.

Terdengar suara dengungan yang aneh dan beberapa sinyal yang terdeteksi hingga bulan November tahun itu, yang berdurasi hingga 20 menit.

Mengutip CNN, Jumat (10/1/2020), komunitas ilmiah pun ingin mengetahui sinyal dan dengungan tersebut. Akhirnya, sebuah studi baru menemukan bahwa penyebab dari sinyal dan dengungan tersebut adalah adanya pembentukan gunung berapi bawah laut yang baru.

Jumlah gempa yang tidak biasa dilacak ke Pulau Mayotte di Samudra Hindia, salah satu anggota Kepulauan Komoro yang ditemukan antara Afrika dan Madagaskar.

Para ilmuwan mendeteksi 7.000 gempa tektonik dalam ruang lingkup penelitian.

Gempa bumi semacam ini terjadi ketika lempeng tektonik Bumi menjadi ‘macet’ ketika mereka bergerak berdampingan.

Sehingga, tekanan yang memungkinkan mereka untuk bergerak menyebabkan gempa bumi. Gempa bumi paling parah mencapai kekuatan M=5,9 pada Mei 2018.

Mereka juga menemukan 407 sinyal seismik jangka panjang. Sinyal periode sangat panjang ini, yang disebut VLP, harmonis dan rendah, mengingatkan pada bass ganda atau bel besar.

Selain itu, sinyal 20 hingga 30 menit mereka dapat dideteksi ratusan mil jauhnya. Gempa bumi dan sinyal datang dari sekitar 22 mil di lepas pantai timur pulau.

Para peneliti tidak dapat melihat tanda-tanda aktivitas vulkanik di daerah ini, tetapi mereka menduga bahwa proses magmatik mungkin membentuk menjadi satu.

Halaman
12
Editor: ediyusmanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved