Penambang Ilegal Bukit Menumbing Diciduk

Aktivitas Tambang Ilegal di Bukit Menumbing Jadi Atensi Kapolres, Kawasan Konservasi & Aset Sejarah

Adenan mengaku prihatin atas penangkapan ketiga pekerja tambang Sabtu lalu tersebut. Terlebih status mereka hanya pekerja.

Aktivitas Tambang Ilegal di Bukit Menumbing Jadi Atensi Kapolres, Kawasan Konservasi & Aset Sejarah
bangkapos.com / Anthoni Ramli
Tiga pelaku penambangan ilegal di kaki Bukit Menumbing, berikut barang bukti, yang diamankan oleh Polres Bangka Barat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kapolres Bangka Barat, AKBP M Adenan, me-warning aktivitas penambangan liar di Bukit Menumbing, Muntok, Bangka Barat.

Bahkan mantan Kasat PJR polda Banten tersebut mengatakan tak akan pandang bulu terhadap oknum yang menjarah serta merusak kawasan Bukit Menumbing.

Apalagi, selain kawasan konservasi, Bukit Menumbing juga kawasan yang kaya akan aset sejarah.

Penangkapan tiga penambang liar Prima, (22) Daryanto alias Yanto (42), dan Sakiyanto (43) di kaki Bukit Menumbing, Sabtu (11/1/2020) lalu, ditegaskan Adenan, menjadi bukti keseriusan pihaknya.

" Kami dari Polres Bangka Barat atensi terhadap kegiatan tambang ilegal khususnya di daerah Menumbing. Kita tidak mau ada hal yang merusa hutan dan sebagainya. Ini yang kita antisipasi, dan ungkap kasus ini mengingatkan kepada penambang lain untuk tidak lagi bekerja di Menumbing,"  kata Adenan, Senin (13/1/2020) siang.

Adenan mengaku prihatin atas penangkapan ketiga pekerja tambang Sabtu lalu tersebut. Terlebih status mereka hanya pekerja.

Namun, menurut Adenan, apapun alasanya, hal tersebut tetap tidak dibenarkan.

" Sebenernya kasihan melihat mereka mencari nafkah. Boleh bekerja tapi dilihat dulu lokasinya dimana. Nah ini kita dapatkan disana. Apalagi ada tempat bersejarah atasnya, kalau nanti rusak dibawahnya, kita khawatir longsor dan sebagainya, ini nanti bukan merugikan satu atau dua orang tapi merugikan banyak orang," pungkasnya.

Penambang Mengaku Dikibuli Bos 

Tiga penambang timah ilegal yang merambah kaki Bukit Menumbing mungkin tak mengira jika bakal digelandang ke Polres Bangka Barat, Sabtu (11/1/2020) kemarin.

Halaman
1234
Penulis: Antoni Ramli
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved