Berita Pangkalpinang

Gubernur Erzaldi Perjuangkan Pemprov Babel Miliki 10 Persen Saham PT Timah dan Naikkan Royalti

Bukan hanya saham, tetapi masalah royalti, karena royalti timah kecil yang lain besar-besar semua, bagaimana. Insyah Allah DPRD telah mendukung

Gubernur Erzaldi Perjuangkan Pemprov Babel Miliki 10 Persen Saham PT Timah dan Naikkan Royalti
Bangkapos/Riki Pratama
Gubernur Propinsi Kep. Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Pemerintah Provinsi Bangka Belitung ingin mendapatkan 10 persen saham PT Timah. Sebelumnya saham yang diberikan hanya 3 persen saja.

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan, saat ini mereka belum bertemu kembali dengan Presiden Jokowi terkait pembahasan saham tersebut.

Namun, kata mantan Bupati Bangka Tengah ini, mereka telah menjadwalkan bertemu dengan anggota DPR RI komisi enam membahas terkait saham dan royalti dari pertimahan di Bangka Belitung.

"Tengah diusahakan, kita belum ketemu dengan Pak Presiden, Presiden belum ada waktu, tetapi dengan komisi enam Insyah Allah dalam waktu dekat terjadwal,"kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman kepada wartawan, Senin (13/1/2020) di kantor Gubernur.

Ia menambahkan, dalam penjadwalan bertemu dengan DPR RI nanti, ia menjelaskan Pemerintah bukan hanya membicarakan saham tetapi juga royalti yang diterima Pemerintah Provinsi dari perusahaan plat merah tersebut.

"Bukan hanya saham, tetapi masalah royalti, karena royalti timah kecil yang lain besar-besar semua, bagaimana. Insyah Allah DPRD telah mendukung ini apa yang kita harapkan, mudah mudahan. Tetapi kita ketemu dengan DPR RI, yang telah dijadwalkan,"lanjutnya.

Sementara, disinggung apakah Gubernur, akan hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan dilaksanakan Februari nanti, ia mengatakan malu, bila datang, karena Pemprov tidak punya saham.

"Kita macam mana mau bicara, tidak ada saham, malulah hadir, tidak ada suara, kecuali ada saham, harapan itu saham 10 persen perjuangkan,"ungkapnya.

Sementara, setiap pertriwulan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung menerima dana Royalti atau dana bagi hasil dari hasil Minerba seperti produksi hasil Timah.

Kabid Retribusi dan Pendapatan Lain Lain, Badan Keuangan Provinsi Babel Rahmad Dalu, mengatakan anggaran yang Provinsi dapatkan tersebut, berasal dari pusat yang dikucurkan langsung ke kas APBD Provinsi Babel.

"Untuk jumlah hingga 22 November, dari 23 Januari 2019, yakni Rp 123.891.559.336,00, itu sudah masuk ke APBD Provinsi Babel, dan untuk bulan Desember kemungkinan akan masuk kembali pada akhir bulan nanti,"jelas Rahmad Dalu.

Ramad Dalu, menambahkan bahwa keinginan Pemerintah Provinsi Babel setiap tahunya mengalami peningkatan, namun itu kembali kepada hasil produksi dari pertimahan di Provinsi Babel.

"Selain dari pajak, retribusi, kita juga menerima dana bagi hasil seperti royalti diterima dari hasil Minerba, tentunya ada kenaikan tiap tahunya, sesuai dengan produksi dari pertimahan, karena dana yang digunakan ini untuk pembangunan di Provinsi Babel,"ungkapnya (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved