Berita Bangka Selatan

Kapolres Bangka Selatan Sayangkan Ada Aktivitas Tambang Ilegal di Kawasan Gunung Muntai

"Kami juga menyayangkan aktivitas ini karena tidak memiliki izin yang resmi alias ilegal," ujar AKBP Ferdinand.

Kapolres Bangka Selatan Sayangkan Ada Aktivitas Tambang Ilegal di Kawasan Gunung Muntai
bangkapos.com / Jhoni Kurniawan
Kapolres Bangka Selatan, AKBP S Ferdinand Suwarji saat pengamanan tambang liar di kawasan Gunung Muntai Bangka Selatan, Senin (13/1/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Kepolisian Resor Bangka Selatan AKBP S Ferdinand Suwarji menyayangkan adanya aktivitas penambangan liar di kawasan Gunung Muntai, Bangka Selatan. Ini ia sampaikan seusai melakukan pengamanan di sekitaran Gunung Muntai Desa Keposang Bangka Selatan pada Senin, (13/1/2020).

Ferdinand mengaku cukup terkejut dengan penampakan yang disaksikannya di kawasan Gunung Muntai. Di sana ia mendapati banyak kubangan air berukuran besar yang merupakan wilayah penambangan.

"Kami juga menyayangkan aktivitas ini karena tidak memiliki izin yang resmi alias ilegal," ujar AKBP Ferdinand.

Apalagi ternyata penambang liar ini beroperasi di kawasan Hutan Produksi (HP).

Setelah menyusuri beberapa titik di lokasi penambangan, AKBP Ferdinand mengingatkan kepada pelaku penambangan agar tidak beraktivitas di sembarang tempat.

"Kami informasikan kepada seluruh masyarakat untuk tidak menimbulkan kerusakan alam dengan penambangan liar yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi alam," tegas AKBP Ferdinand.

Selain penegakan hukum, pengamanan alat serta pengamanan pelaku serta pemilik menjadi opsi  yang saat ini akan dilakukan oleh pihaknya untuk meminimalisasi perusakan lingkungan melalui tambang liar.

Empat Pemilik Alat Tambang Diamankan 

Sebelumnya diberitakan, selain mengangkut tiga unit mesin tambang, Polres Bangka Selatan juga mengamankan empat pemilik alat tambang di kawasan Hutan Produksi (HP) Gunung Muntai tersebut.

Polisi mengamankan keempat pemilik tambang ini diamankan karena merupakan pemilik tiga alat tambang liar di Lereng Gunung Muntai Desa Keposang.

Halaman
123
Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved