Imlek 2020

Tampil saat Perayaan Imlek, Barongsai Dipercaya Dapat Mengusir Roh Halus dan Membawa Keberuntungan

Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, banyak rangkaian perayaan yang dilakukan masyarakat Tionghoa, seperti menampilkan pertunjukan barongsai.

Tampil saat Perayaan Imlek, Barongsai Dipercaya Dapat Mengusir Roh Halus dan Membawa Keberuntungan
Dokumen Bangka Pos
ILustrasi - HUT ke 74 RI di Kecamatan Belinyu Bangka. 

BANGKAPOS.COM. BANGKA -- Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, banyak rangkaian perayaan yang dilakukan masyarakat Tionghoa, seperti menampilkan pertunjukan barongsai.

Penampilan boneka berbentuk singa dengan tubuh bersisik layaknya naga, yang dimainkan oleh beberapa orang ini jadi tontonan menarik yang ditunggu-tunggu.

Novaldi satu diantara pemain Barongsai mengatakan selain pada saat imlek, Barongsai juga dimainkan di momen tertentu seperti hari besar para dewa-dewi atau sembahyang rebut.

Barongsai ini dipercaya merupakan pertunjukan yang dapat membawa keberuntungan.

"Barongsai juga sering ditampilkan pada berbagai acara penting, seperti pembukaan resto, pendirian klenteng dan tentu saja perayaan tahun baru imlek," ujar noval kepada bangkapos.com, Senin (13/1/2020).

Ia mengatakan, adanya pertunjukan barongsai pada perayaan atau pada tempat-tempat tertentu dapat menghilangkan energi negatif, mengusir roh halus yang tidak baik dan membawa keberuntungan.

Ia mengungkapkan sebelum pertunjukan mereka latihan rutin.

"Untuk persiapan dan latihan, biasanya kami latihan di tempat ibadah Tri Dharma Yu Xiao Gong, Jl. Air Itam, Sinar Bulan," ungkap Noval

Ia mengungkapkan sebelum memulai pertunjukan barongsai, semua pemain wajib bersembahyang di Tepekong untuk memeriahkan acara tradisi tersebut.

Barongsai Pangkalpinang Peringkat 4 di Hongkong

Halaman
1234
Penulis: Sela Agustika
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved