Berita Bangka Tengah

Tingkatkan Pengetahuan dalam Bidang Pajak, UPT Bakuda Bangka Tengah Sosialisasikan SPP

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar sosialisasi Standar Pelayanan Publik

Tingkatkan Pengetahuan dalam Bidang Pajak, UPT Bakuda Bangka Tengah Sosialisasikan SPP
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Sosialisasi Standar Pelayanan Publik (SPP) oleh UPT Bakuda Bateng, Senin (13/1/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--  Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar sosialisasi Standar Pelayanan Publik (SPP) , Senin (13/1/2020), di Kantor UPT Bakuda Bateng.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dalam bidang pembayaran pajak dan pelayanan kepada masyarakat

Kepala UPT Bakuda Bateng Desi Sinorita mengatakan, SPP merupakan standar pedoman bagi masyarakat terkait syarat, prosedur, waktu, biaya, dan dasar hukum dalam pengurusan beberapa jenis produk layanan, seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Air Permukaan (PAP), dan Pajak Alat Berat.

"Tujuannya untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa dalam pengurusan pajak kendaraan ada ketentuan atau standarnya," kata Desi, Senin (13/1/2020).

Dalam kesempatan kali ini Desi menerangkan bahwa setiap layanan memiliki syarat, prosedur, serta waktu penyelesaian yang berbeda- beda, misalnya masyarakat hendak melakukan pengesahan ulang lima tahunan, itu syaratnya harus melengkapi identitas (KTP asli), STNK asli dan fotokopi, dsb, serta harus mengikuti prosedur pengambilan formulir di loket pendaftaran, kemudian proses penyelesaian STNK selama 30 menit, BPKB 7 hari, dan TNKB 1 bulan.

"Kami berharap agar masyarakat mengerti alur prosesnya dari awal hingga akhir," tegasnya.

Sosialisasi tahap pertama ini bertujuan untuk menyerap respon dari masyarakat untuk kemudian menjadi bahan kajian guna melengkapi bahan untuk disosialisasikan kepada masyarakat yang lebih luas di wilayah Bateng.

Dia bersyukur dikarenakan dalam sosialisasi ini pihaknya mendapatkan banyak masukan positif dari masyarakat, guna melengkapi materi sosialisasi yang kedepannya akan disosialisasikan ke desa-desa di Bateng. (Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved