Berita Pangkalpinang

Anggota DPR RI Ini Akan Kirim Surat Ke Menteri BUMN Mengenai Permintaan Saham PT Timah 10 Persen

Bambang Patijaya mendukung niatan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang meminta kenaikan saham PT Timah Tbk

Anggota DPR RI Ini Akan Kirim Surat Ke Menteri BUMN Mengenai Permintaan Saham PT Timah 10 Persen
Dok/Bangkapos
Bambang Patijaya 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Anggota Dewan Komisi VI DPR RI Bambang Patijaya mendukung niatan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang meminta kenaikan saham PT Timah Tbk menjadi sebesar 10 persen. Pasalnya saat ini saham PT Timah Tbk yang dikuasai Pemprov Babel hanya menerima 3 persen dari royalti.

Ia bahkan mengaku sudah pernah membicarakan mengenai hal tersebut dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, walau tidak dalam forum resmi.

"Pada dasarnya saya sebagai Anggota DPR RI Komisi VI mendukung, karena sudah sekian lama PT Timah beroperasi, kita hanya sebagai penonton. Memang PT Timah representasi daripada negara, tapi ingat kepentingan daerah harus terwakili," ungkap Bambang saat dikonfirmasi bangkapos.com, Selasa (14/1/2020).

Satu bagian dari upaya perwakilan pemerintah daerah adalah lewat kepemilikan saham. Rencana tersebut diharapkan dapat terealisasi dan tinggal mencari skemanya serta tidak memberatkan keuangan pemerintah daerah.

"Saya pikir itu bukan hal yang berlebihan, biasa saja ini sebenarnya. Begini 3 persen royalti (diterima Babel saat ini--red) itu tidak layak diterima. Kita lihat dari daerah penghasil batu bara itu 12,5 - 15 persen, ada syaratnya," jelas Bambang.

"Ingat 3 persen itu tidak hanya untuk pemprov Babel, tetapi dibagi pemerintah pusat sekian persen, dibagi lagi daerah kabupaten penghasil dan dibagi lagi daerah penyanggah. Ujung-ujungnya apa yang kita dapat dari itu," lanjutnya.

Menurut Bambang, timah tetap diperlukan di Babel, akan tetapi perlu memikirkan lokomotif perekonomian baru dan lain untuk ke depannya.

Kegiatan RUPS PT Timah
Kegiatan RUPS PT Timah (Dok/Bangka Pos)

Pemprov Babel Hanya Jadi Undangan Saat RUPSLB PT Timah

Disinggung, mengenai PT Timah Tbk akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 10 Februari 2020 mendatang dengan agenda RUPSLB nanti sesuai yang telah disampaikan kepada PT Timah Tbk adalah mengenai pergantian pengurus, Bambang menilai selama ini Pemprov Bangka Belitung hanya sebagai undangan.

"Biasanya Pemprov Babel jadi undangan, harapannya begini kita minta pemprov sebagai representasi pemerintah daerah ke depan ini sudah hadir menjadi pemegang saham," ungkap Bambang.

Halaman
123
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved