Advertorial

Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana “Aman Nusa II 2020“, Wagub Sampaikan Sejumlah Arahan

Menindaklanjuti peristiwa dan potensi bencana di Indonesia, berbagai langkah sinergitas kesiapsiagaan dan mitigasi bencana terus dilakukan

Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana “Aman Nusa II 2020“, Wagub Sampaikan Sejumlah Arahan
Diskominfo Babel
Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah saat memimpin Rapat Koordinasi Mitigasi Bencana Nasional “Aman Nusa Dua 2020", Selasa (14/01). 

BANGKAPOS.COM - Menindaklanjuti peristiwa dan potensi bencana di Indonesia, berbagai langkah sinergitas kesiapsiagaan dan mitigasi bencana terus dilakukan oleh pemerintah, baik pusat dan daerah serta aparat keamanan.

Seperti halnya hari ini, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, memimpin Rapat Koordinasi Mitigasi Bencana Nasional “Aman Nusa Dua 2020", Selasa (14/01). Sebelumnya, telah dilakukan Apel siaga yang dipimpin oleh Gubernur pada Senin (13/01).

Rakor diikuti oleh jajaran pemerintah daerah dan aparat yang berkaitan menangani mitigasi dan kesiapsiagaan bencana diantaranya dengan beberapa Lembaga Pemerintah Prov. Kep. Bangka Belitung seperti, BPBD provinsi/kabupaten/kota, polda, polres, BMKG, Basarnas, dan perwakilan OPD terkait.

Sejumlah arahan yang sesuai dengan instruksi Presiden dan Mendagri pada Rakor Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana pada tanggal 3 Januari 2020 lalu disampaikan Wakil Gubernur Abdul Fatah dalam rapat pagi itu.

Adapun sejumlah arahan Mendagri terkait mitigasi dan kesiapsiagaan bencana yang pertama berupa instruksi agar tim mitigasi bencana membentuk posko untuk melakukan pemantauan serta diseminasi informasi mengenai cuaca secara berkala dan satu pintu.

“Pertama, terkait mitigasi bencana pertama pemerintah daerah, membentuk posko kesiapsiagaan bencana dan melakukan pemantauan secara cermat terhadap kondisi cuaca dan informasi. Informasi cuaca tersebut tidak boleh menyerapnya dari berbagai sumber, selain dari peringatan-peringatan yang dikeluarkan institusi berwenang seperti dari BMKG, kemudian dari instutisi BPBD, dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi.

Apabila institusi ini mengetahui informasi akan kemungkinan dapat terjadinya potensinya bencana akibat kondisi perubahan alam. Maka, wajib untuk menginformasikan ke pada tataran di bawahnya untuk cepat di antisipasi," ungkap Wakil Gubernur Abdul Fatah.

Arahan kedua disampaikan beliau agar menyiagakan seluruh aparat pemerintah daerah dan berkoordinasi dengan TNI/Polri serta relawan siaga bencana serta unsur masyarakat lainnya.

Ketiga, arahan terkait persetujuan penggunaan anggaran apabila terjadi bencana.

“Mendagri juga mengingatkan kepada kita (red:pemda), jika didalam anggaran belum teralokasikan anggaran belanja yang tak terduga, maka di sini agar dialokasi anggaran belanja tak terduga yang cukup dan siap digunakan setiap saat dalam keadaan darurat. Bencana ini adalah perintah dari mendagri," jelas Wagub.

Keempat, melakukan diseminasi atau penyebarluasan informasi mengenai kondisi perubahan cuaca secara berkala kepada masyarakat. Kelima, menyiapkan arahan mengenai kesiapsiagan penyelamatan dan evakuasi apabila terjadi kondisi darurat dan mengaktifkan rencana kontijensi apabila terjadi bencana.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubenur Abdul Fatah, menyampaikan langkah antisipasi pemerintah provinsi yang akan dikoordinasikan dengan tim terkait kesiapsiagaan dan mitigasi bencana. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung bersama dengan kabupaten/kota.

“BPBD Kepulauan Bangka Belitung telah menyusun langkah kunci terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana. Pertama adalah kesiapan dalam menyediakan kapasitas personil siaga bencana, kesiapan ketersediaan logistik apabila terjadi bencana, kesiapan peralatan-peralatan yang ada, dan pemetaan lokasi rawan bencana. Ini adalah langkah-langkah yang harus disiapkan," tutur Wagub. (Diskominfo Babel)

Penulis : Stefani
Foto : Umar

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved