Berita Bangka Tengah

PN Koba Sediakan Posbakum untuk Masyarakat Kurang Mampu yang Memerlukan Bantuan Hukum, Gratis

Dia mengatakan, masyarakat yang ada permasalahan hukum bisa dilayani di Posbakum.

PN Koba Sediakan Posbakum untuk Masyarakat Kurang Mampu yang Memerlukan Bantuan Hukum, Gratis
bangkapos.com / Muhammad Rizki
Wakil Kepala PN Koba, Subronto. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bagi setiap orang atau kelompok yang tidak mampu dari segi ekonomi, namun memerlukan bantuan konsultasi hukum yang memerlukan layanan berupa pemberian informasi, konsultasi, advis hukum, atau bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan, maka layanan pada Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Pengadilan bisa menjadi tempat tujuan.

Pengadilan Negeri (PN) Koba juga menyediakan layanan Posbakum.

Hal ini disampaikan Wakil Kepala Pengadilan Negeri Koba Subronto. Dia menyatakan bahwa Posbakum ada di seluruh pengadilan, bukan hanya pengadilan negeri namun juga ada di pengadilan agama.

"Layanan yang diberikan itu berupa informasi, konsultasi, advis hukum, dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," ujar Subronto, Selasa (14/1) kepada Bangkapos.com

Dia mengatakan, masyarakat yang ada permasalahan hukum bisa dilayani di Posbakum. Tahap pertama. masyarakat akan mendapatkan layanan konsultasi terlebih dahulu sampai dengan pembuatan dokumen hukum jika permasalahnnya sudah tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

"Namun apabila persoalan tersebut lanjut ke pengadilan, nanti kalau mau menggunakan bantuan penasihat hukum, bisa disalurkan ke Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang ada disitu, jadi bukan lagi atas naman Posbakumnya," jelasnya

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan tersebut, masyarakat hanya perlu datang ke PN Koba, di bagian Posbakum. Semua fasilitas di Posbakum bisa didapatkan masyarakat tanpa biaya sepeser pun alias gratis.

"Karena itu fasilitas negara, sudah disiapkan anggarannya, masyarakat tinggal datang untuk berkonsultasi atau mendapatkan bantuan hukum lainnya," pungkasnya. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved