Berita Pangkalpinang

Sudah Miliki Kapal Latih, Gubernur Erzaldi Harapkan Siswa SMKN 4 Pangkalpinang Jadi Pelaut

Erzaldi mengatakan, bahwa fasilitas kapal ini diharapkan bisa melatih, SMK 4 Pangkalpinang dalam bidang pelayaran, dan terus memberikan pendidikan khu

Sudah Miliki Kapal Latih, Gubernur Erzaldi Harapkan Siswa SMKN 4 Pangkalpinang Jadi Pelaut
Bangkapos/Riki Pratama
Gubernur Babel Erzaldi berfoto bersama siswa SMK 4 Pangkalpinang yang mengendalikan kapal Torani, foto diambil, Selasa (14/1/2020) di Pelabuhan Jeruk Pangkalbalam. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- SMK Negeri 4 Kota Pangkalpinang telah memiliki kapal latih bernama Torani Satu dengan kapasitas 18 GT.

Keberdaan kapal latih ini diharapkan bisa mendidik serta melatih siswa SMKN 4 Pangkalpinang siap bekerja menjadi seorang pelaut.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, meresmikan langsung kapal tersebut, dengan menaiki kapal tersebut dari TPI Sungai Baturusa hingga Pelabuhan Jeruk Pangkalbalam.

Erzaldi mengatakan, bahwa fasilitas kapal ini diharapkan bisa melatih, SMK 4 Pangkalpinang dalam bidang pelayaran, dan terus memberikan pendidikan khusus serta membuat siswa siap bekerja menjadi seorang pelaut.

"Saya juga gembira ada siswa kita yang ikut untuk diterima kerja di kapal Argentina kapal China juga saya motivasikan ada beberapa orang tua, merasa ada anaknya ingin ditugaskan ke Natuna. Tidak, pastikan negara kita kuat jangan mau takut dengan negara orang lain,"ungkap Erzaldi kepada wartawan, Selasa (14/1/2020) di Pelabuhan Jeruk Pangkalbalam.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman melakukan Launching Kapal Latih, SMKN 4 Pangkalpinang dari TPI Sungai Baturusa dan bersandar di Pelabuhan Jeruk, Selasa (14/1/2020) siang.
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman melakukan Launching Kapal Latih, SMKN 4 Pangkalpinang dari TPI Sungai Baturusa dan bersandar di Pelabuhan Jeruk, Selasa (14/1/2020) siang. (Bangkapos/Riki Pratama)

Ia mengharapkan siswa SMK 4 Pangkalpinang nantinya usai melakukan sekolah bisa langsung bekerja, untuk memulai karir mereka dalam menentukan masa depan.

"Nanti juga mereka akan mengikuti Basic Safety Training untuk wilayah Sumatera yang mengadakan ini, sertifikat BST penting agar seorang pelaut bisa melaut dengan memiliki sertifikat ini,"katanya.

Sementara, Direktur PT Mina Muara Emas, Arifin diwakili oleh Manager Hendra Kuswanto, mengatakan, diharapkan dengan adanya kapal latih, tersebut bisa bermanfaat bagi siswa SMK.

Hendra menambahkan kapal tersebut, mereka yang membuatnya, berasal dari dana Provinsi Bangka Belitung.

"Itu pestanya SMKN 4 Kota Pangkalpinang kapalnya kita perbaiki di tempat kami, yang dananya dari Gubenrur Bangka Belitung telah melaunchingnya,dengan kapasitas Kapal itu yakni 18 GT, kita harapkan saja bisa bermanfaat dan melatih siswa SMK untuk menjadi pelaut,"kata Hendra Kuswanto. (Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved