Berita Pangkalpinang

Eks Kantor Gubernur Bangka Belitung Akan Dibangun Perpustakaan, Dibahas Bersama Pemkot Pangkalpinang

Namun, masih ada banyak hal yang menjadi kendala untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Eks Kantor Gubernur Bangka Belitung Akan Dibangun Perpustakaan, Dibahas Bersama Pemkot Pangkalpinang
Bangkapos.com/Riki Pratama
Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -Pemerintah Provinsi Bangka Belitung membahas rencana pembangunan Gedung Perpustakaan dan Kerasipan di eks kantor Gubernur Babel pertama, Rabu (15/1/2020).

Eks Kantor Gubernur Babel terletak di sebelah kantor Polres Pangkalpinang

Pembahsan tersebut berlangsung di kantor Gubernur Babel.

Dalam kesempatan itu, pihak Pemerintah Kota Pangkalpinang dan Pemerintah Provinsi berencana untuk menjadikan eks kantor Gubernur yang sekarang diajukan sebagai cagar budaya titu sebagai gedung Perpustakan Provinsi Babel.

Namun, masih ada banyak hal yang menjadi kendala untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

"Yang masih menjadi masalah krusial ada tiga. Mengenai masalah aset siapa, ditegaskan berdasarkan pelimpahan telah diserahkan dari aset Provinsi Sumsel ke Provinsi Bangka Belitung, intinya sudah di serahkan,"ungkap Wakil Gubernur Babel, kepada wartawan di Kantor Gubernur Babel.

Aset tersebut saat ini digunakan oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dan rencananya akan dibuat menjadi gedung perpustakaan daerah.

"Gedung tersebut masih difungsikan Provinsi Babel, karena merupakan Kantor Gubernur waktu itu, sehingga ini merupakan aset Provinsi, selain itu pihak Pemkot juga ingin menetapkan gedung itu menjadi cagar budaya, sehingga kita tidak akan mengganggu, tetapi akan merehab agar lebih bagus di tataran perkotaan,"ungkapnya.

Abdul Fatah mengatakn, untuk gedung lainya yang berada di belakang gedung utama akan dijadikan Depo Arsip milik Provinsi Bangka Belitung.

"Gedung di belakang untuk Depo arsip dan lainya sebagainya, kepemilikan aset itu klir. Sementara satu lagi masalah DED (Detail Enginering Design) yang sudah sekian lama tidak dieksekusi, keinginan ami merevitalisasi atau mengubah DED tersebut sebagaimana kondisi bangunan yang ada sekarang,"tukasnya.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved