Berita Pangkalpinang

Mau Dapat Saham PT Timah Tbk, Ini yang Harus Dilakukan Pemprov Babel

Disebutkan ada skema yang bisa diikuti untuk memiliki saham itu yakni membeli di bursa dan melakukan negoisasi dengan pemerintah.

Mau Dapat Saham PT Timah Tbk, Ini yang Harus Dilakukan Pemprov Babel
Kontan
Timah batangan siap ekspor.

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Upaya Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk mendapatkan kepemilikan saham 10 persen PT Timah Tbk tidak mudah.

Karena harus menyesuaikan dengan aturan pemerintah serta PT Inalum sebagai induk perusahaan PT Timah Tbk.

Meski demikian, menurut Representative Office Bursa Efek Indonesia (BEI) Babel Muhammad Fuad Asroffilah, kepemilikan saham itu bisa untuk menambah pendapatan daerah.

"Itu bagus karena akan menaikan pendapatan daerah. Masalahnya itu butuh effort (upaya-red) yang besar. Sebab berlawanan dengan regulasi pemerintah, serta dengan INALUM," ujar Fuad, Selasa (14/1/2020).

Disebutkan ada skema yang bisa diikuti Pemprov Babel untuk memiliki saham itu yakni membeli di bursa dan melakukan negoisasi dengan pemerintah.

"Tergantung skemanya apa, apakah membeli saham. Tetapi harga saham di pasar bursa terdevaluasi, bisa turun bisa naik. Mekanisme lainnya bisa negosiasi dengan pemerintah maka saham akan mendevaluasi. Atau pemerintah memutuskan saham dari 65 persen jadi tinggal 55 persen, 10 persen displit (gabung) dengan pemprov," jelasnya.

Sementara, anggota DPR RI Komisi VI Bambang Patijaya mendukung keinginan Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

Babel sebagai daerah penghasil timah, menurutnya hanya menerima royalti 3 persen .

"Sehingga tidak berlebihan niat Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan saham PT Timah Tbk sebesar 10 persen," ujar anggota dewan dari daerah pemilihan Babel itu, Selasa (14/1/2020).

Bambang sudah pernah membahas hal itu bersama Erzaldi meski tidak melalui forum resmi.

Halaman
123
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved