Berita Sungailiat

Sampah Jadi Masalah Besar di Kabupaten Bangka, Bupati Minta Satpol PP Mengawasi

Padahal Pemkab Bangka sudah menyediakan tempat pembuangan sampah sementara. Tapi tetap saja masih ada yang membuang sampah diluar kotak

Sampah Jadi Masalah Besar di Kabupaten Bangka, Bupati Minta Satpol PP Mengawasi
Bangkapos/Edwardi
Tumpukan sampah yang dibuang oknum masyarakat di luar kotak sampah di dekat Jembatan Parit Pekir PPN Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Mulkan mengakui masalah sampah, khususnya di Kota Sungailiat saat ini cukup mengkhawatirkan.

Hal ini dikarenakan kebiasaan oknum masyarakat banyak yang membuang sampah seenaknya.

Padahal Pemkab Bangka sudah menyediakan tempat pembuangan sampah sementara.  Tapi tetap saja masih ada yang membuang sampah diluar kotak atau kontainer sampah.

"Sekarang ini masalah sampah menjadi PR besar bagi kita, kadang-kadang masyarakat kita sambil di atas motor tidak mau turun langsung melempar kantong plastik sampah hanya di luar kotak sampah. Bukannya memasukannya ke dalam kotak. Kotaknya masih kosong tetapi sampah ya dilemparkan di atas trotoar seputaran kotak sampah," kata Mulkan, Rabu (15/01/2020) di kantornya.

Diakuinya, untuk menangani kebiasaan ini sudah memerintahkan Satpol PP untuk memantau dan mengawasinya.

Bila perlu lakukan tangkap tangan terhadap pelakunya untuk dibina. Bila tidak bisa lagi baru dilakukan proses tindak pidananya ringan (Tipiring).

"Kalau sudah masuk tipiring bisa dikenakan denda. Memang ada rasa kurang memiliki padahal kebersihan dan kenyamanan itu milik kita bersama, pemahaman dan pengertian ini harus dilakukan terus menerus terhadap masyarakat kita," tukas Mulkan

Diakuinya memang perlu dilakukan dialog dan pendekatan agar masyarakat semakin sadar dan bertanggungjawab dalam membuang sampah untuk kebaikan dan kenyamanan bersama. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved