Berita Sungailiat

Tanggulangi Bencana, Pemkab Bangka Bentuk Tim Terpadu Penanggulangan Bencana Daerah

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan sesuai dengan UU No 4 Tahun 2007 bahwa pemerintah daerah diwajibkan untuk menyelenggarakan penanggulangan bencana.

Tanggulangi Bencana, Pemkab Bangka Bentuk Tim Terpadu Penanggulangan Bencana Daerah
Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan saat membuka rapat koordinasi (rakor) Penanggulangan Bencana Daerah di OR Bangka Setara Kantor Bupati Bangka, Rabu (15/01/2020). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bupati Bangka, Mulkan mengatakan sesuai dengan Undang-Undang No 4 Tahun 2007 bahwa pemerintah daerah diwajibkan untuk menyelenggarakan penanggulangan bencana.

"Karena bencana ini kejadian yang luar biasa sehingga perlu bagi kita untuk menanggulangi bersama," kata Mulkan memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Bencana Daerah di OR Bangka Setara Kantor Bupati Bangka, Rabu (15/01/2020).

Apalagi menurutnya, sejarah telah mengukir berbagai kejadian bencana pernah terjadi di Bangka Belitung ini sehingga merupakan upaya preventif dalam menanggulangi bencana, terutama bencana banjir.

"Maka dari itu perlu adanya komitmen bersama untuk mengantisipasi bencana ini," kata Mulkan

Diungkapkannya, Pemkab Bangka juga telah memiliki BPBD.

"Kami atas nama Pemkab Bangka mengucapkan terimakasih kepada seluruh sektor yang telah menyatukan presepsi dalam mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi di Kabupaten Bangka ini," kata Mulkan.

Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Anshori T Muslim mengatakan kegiatan ini sebagai legal standing untuk mulai bekerja bagi BPBD Bangka sebagai koordinator dan stakeholder lainnya dalam kesiagaan menanggulangi bencana di daerah.

"BPBD Bangka ini dibentuk karena memang saat ini kondisi cuaca juga ekstrim, karena itu kita harus berlari dengan menyiapkan legal standing untuk mulai bekerja," kata Anshori.

Menurutnya, dalam rakor tadi sudah terbentuk rumusannya, dimana masukan dan saran terbaik sudah diakomodir, termasuk semua OPD, TNI, Polri, jaringan di masyarakat, ormas dan stakeholder lainnya.

"Jadi kita sudah membentuk Tim Terpadu Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bangka yang diketuai Sekda Bangka, Andi Hudirman yang juga merangkap sebagai Ketua BPBD Kabupaten Bangka, sedangkan saya sebagai Kepala Pelaksana BPBD Bangka," jelas Anshori.

Rapat ini dipimpin langsung Bupati Bangka, Mulkan didampingi Sekda Bangka, Andi Hudirman, Kepala Pelaksana BPBD Bangka Anshori Muslim, yang dihadiri para kepala OPD, pejabat terkait di lingkungan Pemkab Bangka, BPBD Provinsi Babel, Basarnas, BMKG, Kepolisian, TNI dan stakeholder lainnya. (Bangkapos.com/Ewardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved