Berita Pangkalpinang

Bulan Februari 2020 IJTI Bangka Belitung Gelar Uji Kompetensi Jurnalis Televisi

Tiga organisasi wartawan yang konstituen menurut Dewan Pers di Bangka Belitung terus bergerak membenahi anggotanya

Bulan Februari 2020 IJTI Bangka Belitung Gelar Uji Kompetensi Jurnalis Televisi
Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Ketua PWI Babel Fathurakman, Ketua IJTI Babel Joko Setyawanto dan Kabiro AJI Babel Barliyanto bersama Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung Kamis (16/1/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Tiga organisasi wartawan yang konstituen menurut Dewan Pers di Bangka Belitung terus bergerak membenahi anggotanya

Setelah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bangka Belitung yang telah 5 kali melaksanakan uji kompetensi wartawan (UKW) bagi anggota mereka menyusul IJTI dan AJI akan melaksanakan UKW.

Ketiga organisasi wartawan ini adalah organisasi konstituen menurut Dewan Pers dari 7 organisasi wartawan yang diakui.

Ditemui Ketua IJTI Bangka Belitung Joko Setyawanto Kamis (16/1/2020) mengatakan rencananya akan melaksanakan UKW bulan Februari 2020. UKW yang dilaksanakan adalah Uji Kompetensi Jurnalis Televisi (UKJ-TV).

UKJ-TV yang dilaksanakan tidak hanya untuk anggota IJTI namun juga terbuka untuk wartawan diluar IJTI. Anggota IJTI Bangka Belitung saat ini berjumlah sekitar 40 orang.

"Benar kita akan melaksanakan UKJ-TV pada bulan Februari tak hanya untuk anggota IJTI namun juga terbuka untuk wartawan diluar organisasi IJTI," kata Joko Setyawanto

Joko menambahkan bahwa UKJ -TV yang dilaksanakan sebagai bentuk kesadaran bahwa kompetensi bagi wartawan sangatlah penting. Sehingga peran dan sepak terjang anggota IJTI berada di koridor sesuai kode etik jurnalistik. Apalagi IJTI sebagai organisasi wartawan yang konsistuen oleh Dewan Pers bersama PWI dan AJI.

"Kompetensi sebagai bentuk pembeda bagi jurnalis dalam tanda kutip sebenarnya" kata Joko Setyawanto

Barliyanto, Kabiro AJI Bangka Belitung juga menginformasikan pihaknya akan melaksanakan UKW bagi anggotanya juga di bulan Februari 2020.

Mereka yang mengikuti adalah anggota AJI di Bangka Belitung dan AJI Sumatera Selatan. Sebab saat ini AJI Bangka Belitung masih berupa biro dibawah naungan AJI Sumatera Selatan.

"Kalau UKW yang kita laksanakan internal AJI dilaksanakan di Pangkalpinang dikuti 15 anggota AJI Babel dan 16 anggota AJI Sumsel," kata Barliyanto.

Ketua PWI Babel Fathurakhman mengaku senang melihat kesadaran orgnasisi wartawan mendorong anggotanya agar memiliki kompetensi. Apalagi saat ini banyak lembaga, intansi dan narasumber menginginkan wartawan yang meliput adalah wartawan berkompeten.

"Sangat bagus wartawan memang harus di dorong memiliki kompetensi ini telah dilakukan PWI Bangka Belitung dan kita dapat kabar AJI dan IJTI juga segera melaksanakan UKW," kata Fathurrakhman. (Bangkapos.com/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved