Berita Pangkalpinang

Tahun 2020 Baznas RI akan Terapkan Zakat Digital di Bangka Belitung

Untuk penerapan zakat digital untuk wilayah Bangka belitung direncanakan pada tahun ini, karena pelaporan sistem informasi yang sudah berbasis online

Tahun 2020 Baznas RI akan Terapkan Zakat Digital di Bangka Belitung
Bangkapos/Irakurniati
Kepala biro hukum Baznas Republik Indonesia, Ahmad Hambali 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Kepala Biro Hukum Baznas Republik Indonesia Ahmad Hambali, menyatakan, di era digitalisasi seperti sekarang transaksi pembayaran dapat mudah dilakukan secara online. Begitu pun dengan pembayaran zakat.

Menurutnya, untuk penerapan zakat digital untuk wilayah Bangka belitung direncanakan pada tahun ini, karena pelaporan sistem informasi yang sudah berbasis online sehingga perencanaan zakat digital segera digarap. Hambali menyebut, setelah Baznas Provinsi menerapkan zakat digital, kabupaten kota nantinya akan menyusul dibelakang, karena koordinasi provinsi langsung ke struktur dibawahnya.

"Insyallah tahun ini. Target dari pusat, digitalisasi akan kita tingkatkan. Di provinsi sudah ada amil zakat yang sudah terverifikasi jadi diharapkan tahun ini bisa berjalan," ucap Hambali, di rumah dinas wali kota Pangkalpinang, Kamis (16/1/2020)

Pada zakat digital, pembayaran dilakukan cukup dengan menekan scan pada aplikasi dan pilih item yang ingin dibayar.

Hambali menuturkan, ada beberapa item yang tersedia seperti zakat, infaq dan sodaqoh. Lalu, untuk membayar zakat tersebut klil item zakat dan lakukan pembayaran mengikuti aturan yang telah dipandu dalam sistem online tersebut.

Setelah pembayaran zakat digital selesai, yang bersangkutan wajib didoakan oleh amil zakat. Doa tersebut juga dilakukan melalui sistem online.

Hambali berharap, rencana ini dapat berjalan dengan baik di tingkat provinsi dan kabupaten kota di Bangka Belitung.

Ingin Bina Baznas Pangkalpinang

Pada kesempatan ini pihak  Baznas Republik Indonesia bertemu wali kota Pangkalpinang, Maulan Aklil, berdiskusi di ruang tengah secara internal di rumah dinas Wali Kota Pangkalpinang,

Molen mengatakan, permasalahan Baznas Pangkalpinang harus berkoordinasi dengannya. Dia ingin peran baznas demi kemaslahatan dan sosial masyarakat ini dapat memberikan kepercayaan sehingga lembaga ini dapat menjadi kebanggaan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved