Tahun Ini 22 Desa di Babar Pilkades Serentak, Bupati Markus Pesan Jaga Kondusifitas

Bupati Bangka Barat Markus SH menghimbau kepada seluruh calon kepala desa

Tahun Ini 22 Desa di Babar Pilkades Serentak, Bupati Markus Pesan Jaga Kondusifitas
Ist
Bupati Markus SH memberikan arahan saat membuka Rakor Pilkades serentak 2020, Kamis (16/1) pagi. 

Bupati Bangka Barat Markus SH mengimbau kepada seluruh calon kepala desa dan pendukung para pasangan calon (paslon) untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah selama pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) tahun 2020 ini.

Demikian disampaikan politisi PDI Perjuangan ini dalam arahan saat membuka Rakor persiapan pilkades serentak 2020 di OR 1 Pemkab Bangka Barat, Kamis (16/1/2020).

Menurut Bupati muda dan inovatif ini, pelaksanaan pilkades merupakan proses untuk mencapai tujuan dalam menghasilkan kepala desa terpilih yang berkualitas dan sesuai harapan masyarakat. Sehingga diperlukan partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, karena masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan desa.

"Saya berpesan, bagi para calon Kades dari 22 desa di 5 kecamatan se-Bangka Barat yang akan melaksanakan pilkades tahun ini agar senantiasa jaga kondusifitas, sebab dalam pilkades ini tidak menutup kemungkinan adanya potensi gesekan di tengah masyarakat, baik antar kandidat maupun pendukung. Ini tentu harus menjadi perhatian serius bagi kita semua sehingga pelaksanaan pemilihan kepala desa nanti bisa berjalan sukses," kata Markus.

Bagi para paslon kades yang nantinya terpilih, diharapkan Markus, mampu melaksanakan tata pemerintahan desa dengan sebaiknya seperti tata praja pemerintahan, penetapan peraturan desa, pembinaan masalah pertanahan, pembinaan ketentraman dan ketertiban, melakukan upaya perlindungan masyarakat, administrasi kependudukan, penataan dan pengelolaan wilayah.

"Fungsi kepala desa lainnya adalah melaksanakan pembangunan seperti pembangunan sarana prasarana perdesaan, pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan. Termasuk membangun hubungan kemitraan dengan lembaga lainnya yang bermuara pada upaya memajukan desa," pungkas Markus. [Humas Bangka Barat]

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: respileba
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved