Berita Pangkalpinang

BNNK Pangkalpinang Gencarkan Program P4GN di Wilayah-wilayah yang Rawan Narkoba

Satu diantara daerah rawan yang akan dilakukan sosialisasi penyalahgunaan dan pencegahan narkotika itu, yakni di wilayah Kelurahan Pasir Putih.

BNNK Pangkalpinang Gencarkan Program P4GN di Wilayah-wilayah yang Rawan Narkoba
bangkapos.com / Kemas Ramandha
Kepala BNNK Pangkalpinang, Ichlas Gunawan, ketika ditemui Bangkapos.com 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Pangkalpinang di tahun 2020 akan lebih gencar melakukan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN) ke daerah-daerah yang dianggap rawan narkoba dan obat-obatan terlarang. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BNNK Pangkalpinan, Ichlas Gunawan kepada Bangkapos.com, Jumat (17/1/2020) di Ruang Kerjanya.

Satu diantara daerah rawan yang akan dilakukan sosialisasi penyalahgunaan dan pencegahan narkotika itu, yakni di wilayah Kelurahan Pasir Putih, Pangkalpinang.

"Karena Pasir Putih itu termasuk daerah yang rawan dari hasil pemetaan kami. Insyaallah kami akan lebih gencar melakukan sosialisasi P4GN di sana kedepannya," jelas Ichlas.

Selain itu, pihaknya juga menyambut baik kepedulian Walikota Pangkalpinan, Maulan Akil (Molen) yang sudah menerbitkan Peraturan Walikota (Perwako) perihal P4GN.

Dari Perwako itu, dikatakannya, akan dibentuk suatu tim di tingkat kecamatan dan sudah melakukan koordinasi dengan para camat untuk melakukan aksi nyata memerangi narkoba.

"Kita sudah bertemu para camat dan membahas tentang Rencana Aksi Daerah. Jadi kita menyusun kegiatan-kegiatan P4GN ini yang dimulai dari kegiatan sosialisasi, pemberdayaan masyarakat, deteksi dini, pemetaan daerah rawan dan termasuk kegiatan pemberantasan," ungkapnya.

Ichlas juga menuturkan program lainnya yang akan dilaksanakan di Tahun 2020 ini, antara lain, program Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM). RBM sendiri akan langsung menjadikan masyarakat Kota Pangkalpinang sebagai subjek dan objek program rehabilitasi tersebut.

"Akan kita lakukan di daerah rawan tadi, terutama di Wilayah Pasir Putih. Di sana nanti akan kita rangkul masyarakat agar menjadi mitra kerja kami sebagai penggiat maupun relawan," ucapnya.

"Nanti mereka (masyarakat) akan melakukan kegiatan rehabilitasi bagi masyarakat lainnya yang masih terindikasi penggunaan narkotika. Tapi nanti pastinya mereka akan dapat pelatihan dulu," terang Ichlas.

Sementara itu, program pemberantasan narkotika di tahun ini, juga menjadi fokus pihaknya, terutama dengan menyusuri daerah rawan, oknum atau perorangan yang disinyalir menjadi subjek dan objek penyalahgunaan narkoba.

"Pemberantasan ini kita nanti tetap melakukan dan melaksanakan penegakkan hukum untuk para pengedar. Insyaallah lah nanti kedepan ada beberapa tempat yang akan kita lakukan penyisiran demi mempersempit peredaran narkotika ini," pungkasnya (Bangkapos.com/Ramandha)

Penulis: Ramandha
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved