Berita Pangkalpinang

Hari Ini DPRD Provinsi Bangka Belitung Paripurnakan Persetujuan Terbentuknya DOB Bangka Utara

Diketahui, semua fraksi di DPRD dan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi telah menyetujui pengusulan tersebut.

Hari Ini DPRD Provinsi Bangka Belitung Paripurnakan Persetujuan Terbentuknya DOB Bangka Utara
Bangkapos/Riki Pratama
Wakil Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Amri Cahyadi. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Hari ini, DPRD Provinsi Bangka Belitung akan melaksanakan rapat paripurna dengan agenda persetujuan pengusulan terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB), Kabupaten Bangka Utara.

Diketahui, semua fraksi di DPRD dan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi telah menyetujui pengusulan tersebut.

Saat ini usulan tinggal menunggu persetujuan dari Pemerintah Pusat kapan daerah otonomi baru disahkan.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Amri Cahyadi, mengatakan paripurna dilaksanakan sebagai pengusulan terbentuknya Kabupaten Bangka Utara.

"Kami menyepakati memparipurnakan persetujuan pengusulan terbentuknya daerah otonomi baru, Kabupaten Bangka Utara dari Komisi I dan fraksi hampir semua menyetujui, tinggal riilnya kita lihat di paripurna,"ungkap Politikus PPP ini kepada wartawan, Jumat (17/1/2020) di tempat kerjanya.

Amri menjelaskan, paripurna yang dilaksanakan oleh DPRD Provinsi ini perlu tindak lanjut. Perlu langkah selanjutnya untuk mendorong pemerintah pusat mengesahkan pembentukan Kabupaten Bangka Utara.

"Tetapi saya melihat bukan paripurna langkah terakhir, tetapi permulaan, yang pengesahan suatu daerah pembentuk itu berdasarkan undang-undang dan sebagai pembuat undang-undang adalah pemerintah pusat dan DPR RI,"lanjutnya.

Kata Amri, dorongan untuk pembentukan itu harus terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Babel dan rekan-rekan DPRD yang memiliki fraksi di DPR RI agar ini cepat disahkan.

"Tentunya persetujuan itu persyaratan kita selesai. Namun, secara linier kita harus dorong ini, jangan setelah kita menyetujui lepas tangan, tetapi kita ingin, mengajak bersama sama-sama mendorong koordinasi keterlibatan peran anggota DPR RI kita,"tukasnya.

Selain itu, dukungan para fraksi Partai di DPR RI yang harus intens dilakukan dari anggota DPRD Babel karena tidak bisa mengandalkan tiga orang anggota DPR RI perwakilan Babel. Peran anggota lainya yang punya wakil fraksi untuk mendorong membentuk Kabupaten Bangka Utara.

"Tentu tujuanya sebagai upaya pemerataan pembangunan dan mempermudah kendalai urusan birokrasi, bagaimana untuk pembangunan tidak ada alasan lagi tidak menyetujui, karena semua syarat telah kita penuhi,"katanya.

Ia menambahkan, mengenai anggaran pada saat telah disahkan nanti, Amri percaya betul bahwa penganggaran akan hampir sama mengenai bagaimana mengatur belanja dan penerimaan hingga sektor belanja mana yang pokok dan tidak.

"Selain itu kita ingin melakukan pemekaran menambah otonomi baru, pembagian alokasi dana di pusat ada perintah Kabupaten Bangka Induk, dan Provinsi Babel yang wajib membantu, jatah Kabupaten Bangka Induk dengan ada pemekaran alokasi DAU akan beralih ke situ, tergantung kebijakan Pemerintah pusat dan daerah, saya merespon positif, ini sudah semangat, sudah kuat,"tegasnya (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved