Berita Pangkalpinang

INFO KESEHATAN- Terkena Ulat Bulu Bikin Gatal-gatal, Dokter Sebut Jangan Digaruk!

Untuk mereka yang hipersensitivitas bisa menyebabkan gangguan pernapasan dan irama jantung yang mengancam nyawa jika tidak segera ditangani.

INFO KESEHATAN- Terkena Ulat Bulu Bikin Gatal-gatal, Dokter Sebut Jangan Digaruk!
bangkapos.com / Cici Nasya Nita
Dokter umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni (jilbab biru) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bila terkena ulat bulu akan menimbulkan rasa gatal dan benjol-benjol. Sehingga membuat penderita ingin menggaruk, akan tetapi tindakan tersebut tidaklah dianjurkan.

Dokter umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni memberika penjelasan cara penanganan bila terkena ulat bulu.

"Pertolongan pertama jika terkena ulat bulu yaitu segera cuci bagian yang terkena dengan sabun. Hindari menggaruk berlebihan karena malah menyebabkan infeksi pada kulit," jelas dr Annisa saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (17/1/2020).

Lanjutnya, kalau perlu buanglah sisa-sisa bulu yang melekat pada kulit memakai selotip. Setelah itu jika gatal dirasa sangat mengganggu, periksakan ke dokter.

"Dokter biasanya akan memberikan obat-obatan anti alergi dalam bentuk obat minum ataupun salep, atau keduanya," tambahnya.

dr Annisa juga menjelaskan penyebab ulat bulu memberikan efek gatal pada penderita terkena ulat bulu.

"Pada ulat bulu terdapat bulu-bulu yang mengandung racun, sebenarnya berfungsi sebagai pelindung ulat tersebut dari predator. Racun tersebut, jika bersentuhan dengan kulit manusia biasanya akan menyebabkan reaksi alergi berupa gatal dan bentol-bentol yang disebut juga biduran atau bahasa medisnya urtikaria," terang dr Annisa.

Menurutnya, pada umumnya terkena ulat bulu tidak berbahaya bahaya.

Akan tetapi reaksi alergi penderita berbeda-beda, untuk mereka yang hipersensitivitas bisa menyebabkan gangguan pernapasan dan irama jantung yang mengancam nyawa jika tidak segera ditangani.  Namun kejadian demikian jarang terjadi.

"kalau untuk pembasmian ulat bulu sendiri, yang saya tau adalah membuang langsung ulat-ulat bulu tersebut (jangan menggunakan tangan langsung), kemudian dikumpulkan lalu dibakar,"sarannya.

Serta bisa dengan menyemprotkan pestisida ataupun menyebarkan Bacillus thuringiensis (bt). (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved