Berita Pangkalpinang

Kata Dokter Soal Kondisi Puluhan Siswa SDN 37 Pangkalpinang yang Kena Serangan Hama Ulat Bulu

dr Della Riana Dita mengatakan, kondisi gatal-gatal tersebut merupakan lesi atau iritasi yang besar kemungkinan disebabkan karena ulat bulu.

Kata Dokter Soal Kondisi Puluhan Siswa SDN 37 Pangkalpinang yang Kena Serangan Hama Ulat Bulu
bangkapos.com / istimewa
Penanganan pasien terkena hama ulat bulu di SD Negeri 37 Pangkalpinang, Jumat (17/1/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sebanyak 40 siswa SD Negeri 37 Pangkalpinang terdiagnosa dermatitis kontak iritan yang diduga berasal dari hama ulat bulu di pekarangan sekolah tersebut.

lesi Dermatitis kontak iritan ini banyak terdapat di bagian tangan dan lengan pasien.

Kepala Puskesmas Tamansari, dr Della Riana Dita, mengatakan, kondisi gatal-gatal tersebut merupakan lesi atau iritasi yang besar kemungkinan disebabkan karena ulat bulu.

Apalagi melihat tipe lesi yang cuma ditangan dan lengan, karena kontak langsung kulit dengan ulat bulu tersebut sehingga tidak perlu dilakukan uji laboratorium.

"karena daerah tangan dan lengan kebanyakan tidak tertutup dengan baju sehingga bila ulat bulu hinggap atau jatuh ditangan akan berakibat gatal," kata dr Della, Jumat (17/1/2020).

Namun, menurut dr Della, iritasi ini tidak parah dan masih dikategorikan gatal pada umumnya karena hanya muncul bintik-bintik merah.

Disebut parah apabila gatal tersebut berubah menjadi koreng hingga bisul.

Pihaknya telah menurunkan tim kesehatan baik itu dokter, perawat dan apoteker untuk penanganan awal. Puluhan siswa terdampak itu telah diberikan obat berupa vitamin anti gatal dan salep. dr Della mengatakan, pemulihan berlangsung sekitar tiga sampai tujuh hari tergantung kondisi daya tahan tubuh dan kebersihan pasien.

"apabila terjadi komplikasi lebih maka harus dipantau di puskesmas. Di sekolah tadi kamk sudahsesuaikan dengan standar operasional prosedur (SOP) untik penanganan dermatitis iritan," tambah dr Della.

Dia menyebut, akan melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan agar menyampaikan permasalahan hama ulat bulu ini ke Dinas Pangam dan Pertanian untuk dapat dibasmi karena mengganggu kenyamanan aktivitas di sekolah.

Halaman
1234
Penulis: Ira Kurniati
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved