Berita Sungailiat

TBS Sawit Meroket Lagi, Harga Pabrik Tembus Rp 19 Juta Per Truk

Sejak beberapa pekan terkahir, pasokan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani lokal ke sejumlah pabrik corp palm oil (CPO)

TBS Sawit Meroket Lagi, Harga Pabrik Tembus Rp 19 Juta Per Truk
Bangkapos.com/Fery Laskari
Truk mengangkut sawit petani lokal di Desa Cit Kecamatan Riausilip yang sedang panen 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Sejak beberapa pekan terakhir, pasokan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit petani lokal ke sejumlah pabrik Corp Palm Oil (CPO) di Kabupaten Bangka mulai menurun.

Antrian truk sawit di sejumlah pabrik tak seramai dulu. Penyebabnya, hasil panen kebun sawit rakyat yang semakin menurun.

Namun imbas kurangnya pasokan, menyebabkan harga TBS semakin melambung. Harga TBS tingkat pabrik CPO mencapai Rp1800 hingga Rp 1900 perkg.

Sedangkan harga TBS di tingkat pedagang pengumpul berada pada kisaran Rp 1500 hingga Rp 1600 perkg.

Artinya, jika petani jual TBS sawit ke pedagang pengumpul atau tengkulak hanya dibayar pada kisaran harga Rp 1500 hingga 1600 perkg.

Sedangkan pedagang pengumpul jual ke pabrik CPO pada kisaran Rp 1800 hingga 1900 perkg. Begitu pun jika petani langsung kirim ke pabrik, harga tinggi bisa didapatkan.

Namun petani kecil biasanya tak bisa kirim langsung ke pabrik karena petani tak memiliki sarana transportasi truk.

Petani juga tak mungkin menjual TBS langsung ke pabrik jika dalam jumlah tonase kecil, apalagi jika tidak memiliki surat kemitraan dengan pabrik atau surat delevery order (DO).

Namun demikian meroketnga harga TBS sawit sejak beberapa pekan terkahir, cukup menggairahkan. Bayangkan saja, dalam satu truk ukuran tiga tir atau bobot 10 ton yang dikirim ke pabrik bisa tembus Rp 18 Juta atau Rp 19 Juta.

Kisaran harga itu terjadi karena setiap pabrik CPO di Bangka mematok harga beli TBS yang bervariatif. Ada pabrik yang beli TBS pada kisaran Rp 1900 perkg, namun ada juga pabrik yang beli pada kisaran Rp 1800 perkg.

Halaman
123
Penulis: ferylaskari
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved