DIEGO Si 'Playboy', Kura-kura Raksasa Berumur 100 Tahun Jadi Penyelamat Spesiesnya dari Kepunahan

Spesies kura-kura raksasa bernama latin Chelonoidis hoodensis telah menghuni Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat selama 30 tahun

DIEGO Si 'Playboy', Kura-kura Raksasa Berumur 100 Tahun Jadi Penyelamat Spesiesnya dari Kepunahan
(THINKSTOCKPHOTOS)
Spesies kura-kura raksasa di pusat penangkaran di El Chato, Kepulauan Galapagos. 

BANGKAPOS.COM - Diego, kura-kura raksasa berumur 100 tahun berhasil menjadi penyelamat spesiesnya dari ambang kepunahan.

Spesies kura-kura raksasa bernama latin Chelonoidis hoodensis telah menghuni Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat selama 30 tahun.

Sejak tahun 1976, Diego 'direkrut' dalam program penangkaran yang melibatkan 12 betina sebagai upaya untuk meningkatkan populasi kura-kura Galapagos yang makin langka.

Ternyata di antara kura-kura jantan yang lain, Diego punya reputasi playboy, sehingga mampu kawin dengan betina lebih banyak.

Terhitung sejak program penangkaran berjalan, Diego telah berhasil memiliki 800 keturunan. Tak heran Diego pun dipuji karena membantu menyelamatkan spesiesnya dari kepunahan.

Program konsevasi kura-kura raksasa dimulai pada tahun 1965. Misi pertama saat itu adalah menyelamatkan populasi kura-kura di Pulau Pinzon.

Selanjutnya tahun 1970, misi penyelamatan beralih di Pulau Espanola, yang juga terletak di Kepulauan Galapagos.

Salah satu spesies kura-kura raksasa di pusat penangkaran di El Chato, Kepulauan Galapagos. ((THINKSTOCKPHOTOS))

Populasi kura-kura Galapagos meningkat

Direktur Taman Nasional Galapagos, Jorge Carrion, menyebut kalau program konservasi pada akhirnya membantu meningkatkan populasi kura-kura, dari yang awalnya tinggal 15 ekor menjadi 2.000 ekor.

Menariknya, 40 persen dari spesies tersebut merupakan keturuan dari Diego. Hal ini diungkapkan James P Gibbs, profesor biologi lingkungan dan kehutanan di State University of New York di Syracuse.

Halaman
12
Editor: ediyusmanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved