Berita Pangkalpinang

Dinas Pangan dan Pertanian Basmi Hama Ulat Bulu Hitam yang Menyerang SDN 37 Pangkalpinang

Eradikasi pemberantasan hama ulat bulu ini dilakukan dengan menyemprotkan insektisida ke tanaman di pekarangan sekolah

Dinas Pangan dan Pertanian Basmi Hama Ulat Bulu Hitam yang Menyerang SDN 37 Pangkalpinang
Bangkapos/Irakurniati
Penyemprotan hama ulat bulu di SD Negeri 37 Pangkalpinang, Sabtu (18/1/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang melakukan penyemprotan hama ulat bulu yang meresahkan siswa SD Negeri 37 Pangkalpinang sekitar sepekan terakhir.

Eradikasi pemberantasan hama ulat bulu ini dilakukan dengan menyemprotkan insektisida ke tanaman di pekarangan sekolah, Sabtu (18/1/2020).

Kasi pembenihan dan perlindungan tanaman, Miftahussurur, mengatakan, hama ulat bulu bertebaran di pekarangan sekolah ini karena peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Dia menyebut, musim seperti saat ini banyak ulat-ulat menetas terutama menyukai dedaunan rimbun.

"Musim hujan ini banyak ulat-ulat menetas dan menyukai daun yang ada di sini. Karena ulat itu berasal dari kupu-kupu bisa saja beterbangan dan terbawa ke sini," kata Mifta ditemui di lokasi.

Dia mengatakan, ulat bulu yang dibasmi tersebut berukuran sekitar dua centimeter, warnanya hitam dan bulunya cukup kecil sehingga efek yang terpapar yakni menimbulkan bintik-bintik merah dan gatal.

Melalui penyemprotan insektisida, Miftah menyebut, racun yang diberikan dapat bereaksi sekitar dua hingga tiga jam setelah disemprot.

Menurutnya, besok lingkungan sekolah diharapkan bisa steril dan hama ulat bulu sudah terbasmi.

Dia mengimbau agar anak-anak selalu cuci tangan menggunakan sabun dan air bersih sebelum dan setelah beraktivitas di luar kelas.

Anak-anak juga dilarang bersentuhan langsung dengan tanaman bekas semprotan racun insektisida dan peralatan sekolah seperti kursi, meja maupun lemari sebaiknya tidak disentuh dulu.

Halaman
12
Penulis: Ira Kurniati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved