Breaking News:

Imlek 2020

Jelang Imlek 2020, Warga Tionghoa Sungailiat Bersihkan Kelenteng Kwan Tie Miau

Pengurus Kelenteng Kwan Tie Miau Sungailiat Kabupaten Bangka mengadakan gotong-royong membersihkan bagian dalam kelenteng

bangkapos.com/Edwardi
Menjelang Tahun Baru Imlek 2571, para pengurus Yayasan Dharma Bakti Abadi yang menaungi Klenteng Kwan Tie Miau Sungailiat Kabupaten Bangka mengadakan gotong-royong membersihkan bagian dalam klenteng dan memasang peralatan sembahyang yang baru, serta pernak pernik perayaan Imlek lainnya, Sabtu (18/01/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Menjelang Tahun Baru Imlek 2571, para pengurus Yayasan Dharma Bakti Abadi yang menaungi Kelenteng Kwan Tie Miau Sungailiat Kabupaten Bangka mengadakan gotong-royong membersihkan bagian dalam kelenteng dan memasang peralatan sembahyang yang baru, serta pernak pernik perayaan Imlek lainnya, Sabtu (18/01/2020).

Sebelumnya para pengurus kelenteng juga sudah menghias Jalan S Parman Sungailiat yang berada di depan dan seputaran kelenteng dengan spanduk ucapan Selamat Tahun Baru Imlek.

Pemasangan ratusan lampion dan payung sehingga para pengendara yang melewati jalan itu merasakan suasana meriah menyambut Imlek.

Juga ada pohon dihiasi bunga Mei Hwa dan amplop angpao berada di depan bagian samping kelenteng untuk menambah keindahan dan suasana semarak menyambut Imlek hari Sabtu (25/01/2020).

Ketua Yayasan Dharma Bakti Abadi, Sung Sun Khin mengatakan dalam kepercayaan Kongfuchu hari ini atau satu minggu menjelang perayaan Imlek merupakan waktu untuk membersihkan kelenteng karena para dewa hari ini sedang naik ke atas langit.

"Jadi kita diberi waktu untuk membersihkan kelenteng, patung-patung dan peralatan lainnya. Jadi khusus hanya hari ini saja kita bersihkan semua yang ada dalam kelenteng. Tapi di waktu yang lain tidak boleh, kalau mau membersihkannya harus ada izinnya," kata Akhin sapaan akrabnya.

Dikatakan Akhin pada saat puncak perayaan Imlek pada Jumat (24/01/2020) malam sekitar pukul 19.00 WIB-24.00 WIB para warga Tionghoa melaksanakan sembahyang di dalam klenteng.

Selain itu dilaksanakan penampilan Barongsai, pesta kembang api, dan pembagian door prize bagi para pengunjung yang menyaksikan hingga selesai.

"Kita merayakan Imlek seperti biasa dengan persiapan memasang ratusan lampion dan payung untuk menyemarakkan suasana. Kali ini hiasan payung hanya kita pusatkan di depan kelenteng saja karena cuaca saat ini angin bertiup kencang sehingga sering menjatuhkan payung. Biasanya hiasan payung kita pasang di sepanjang jalan," tukas Akhin.

Pendanaan kegiatan ini berasal dari sumbangan para pengurus yayasan dan para donatur lainnya, baik berupa hiasan pernak pernik Imlek maupun uang tunai.

"Untuk jumlah dana yang masuk belum kita hitung karena masih dalam proses penyiapan pelaksanaan perayaan. Kita mengucapkan banyak terimakasasih atas sumbangan yang sudah diberikan untuk perayaan Imlek Ini, semoga para donatur selalu dilimpahkan rezeki yang berlimpah dan dikarunia kesehatan," harap Akhin.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved