Berita Bangka Barat

Rambutan Gajah Mbah Kadirun, Rasanya Mirip Buah Kelapa

Pohon rambutan unik ini sudah dia tanam sejak tahun 1987 lalu. Bibitnya ia beli langsung dipasar Parittiga kala itu.

Rambutan Gajah Mbah Kadirun, Rasanya Mirip Buah Kelapa
bangkapos.com / Andini Dwi Hasanah
Mbah Kadirun meunjukkan buah rambutan Gajah miliknya, Minggu (19/1/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Rambutan unik milik Mbah Kadirun (79), warga asal Desa Cupat, Kecamatan Paritiga, Kabupaten Bangka Barat ini memiliki cita rasa yang sangat khas.

Daging rambutannya sangat tebal. Buahnya besar merah kehitaman.

Kadirun mengungkapkan, pohon rambutan unik ini sudah dia tanam sejak tahun 1987 lalu. Bibitnya ia beli langsung dipasar Parittiga kala itu.

Hingga saat ini pohon rambutan yang sudah berumur 33 tahun itu setiap tahunnya terus berbuah. Sekali panen bisa menghasilkan 300-an kilogram buah rambutan.

"Awalnya cuma iseng beli di pasar, ternyata sekali panen buahnya manis, kalau buahnya masih berwarna merah isinya kadang masih masam, tapi kalau sudah berubah menjadi merah kehitaman isinya jadi manis banget," ungkap Kadirun saat ditemui Bangkapos.com, Minggu (19/01/2020) di kebun rambutannya.

Rambutan Gajah Mbah Kadirun
Rambutan Gajah Mbah Kadirun (bangkapos.com / Andini Dwi Hasanah)

Dia mengatakan, banyak orang yang ketika memakan buah rambutannya bilang kalau buah rambutan miliknya ini hampir sama seperti rasa kelapa muda. Teksturnya yang tebal dan sedikit berair memang.

Sebutan rambutan gajah pun dia dapatkan dari orang-orang yang sering mengambil rambutanya. Ini karena buahnya yang besar tidak seperti buah rambutan pada umumnya.

"Kalau setiap tahun anak dan cucu saya yang selalu ngambil, tidak saya jual ke pasaran, pohon ini saya tanam dan untuk dinikmati anak dan cucu saya saja," tuturnya

Sewaktu kita membuka kulitnya yang berwarna kehitaman itu, tekstur putih tebal dan berair menambah kelezatan saat menyantap rambutan ini.  Seluruh isinya lepas dari biji atau biasa disebut Ngelotok. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved