Berita Bangka Tengah

Forkom Pokdarwis Bangka Tengah Kunjungi Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta

Forum Komunikasi (Forkom) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Bangka Tengah berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari di Cangkringan

Forkom Pokdarwis Bangka Tengah Kunjungi Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta
istimewa
Kunjungan Forkom Pokdarwis Bateng, ke Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta. 16-19 Januari 2020 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Forum Komunikasi (Forkom) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Bangka Tengah berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari di Cangkringan, Yogyakarta selama empat hari dari tanggal 16-19 Januari 2020.

Ketua Forkom Pokdarwis Bateng, Basrin menyampaikan kegiatan tersebut dalam rangka menambah wawasan anggota Pokdarwis se-Bateng terkait pengembangan pariwisata di Bateng. Dengan tujuan Forkom pokdarwis Bateng ingin bersumbangsih membangun pariwisata Bateng.

"Harapan kami kedepan Pariwisata di Bateng terus berkembang pesat. Semua Desa di Bateng menjadi Desa Wisata dengan keunggulan Desa masing-masing yang bisa menarik wisatawan luar untuk berkunjung," ujar Basrin, Senin (20/1) kepada Bangkapos.com

Ketua kelompok HKM Gempita Desa Kurau, Asnawi menyampaikan setelah kunjungan tersebut, pihaknya segera berkoordinasi dengan Pokdarwis Desa Kurau untuk membentuk wadah induk pengelolaan paket wisata Desa Kurau, dan akan melakukan penyesuaian dengan karakter di Desa Kurau.

"Kami akan menyesuaikan dengan karakter yang ada di Desa Kurau, seperti paket wisata hutan bakau, pulau ketawai hingga pantai kurau," jelasnya.

Terpisah Ketua Pokdarwis Pentingsari Doto mengatakan Dusun Pentingsari merupakan satu diantara 4 Green Destination tingkat dunia. 4 green destination di Indonesia, yakni Pentingsari, Langgeran, Penglipuran dan Pemutaran di Bali.

"Dusun Penting sari memiliki luas area 100 hektare yang terdirindaei 4 RT yang memiliki pemandangan alam yang indah. Saat ini sedang mengembangkan pengelolaan kopi, jamur, tanaman herbal, pertanian, peternakan, dan budaya seni musik," ungkap Doto.

Lebih lanjut ia mengatakan jika Dusun Pentingsari mengangkat pariwisata berbasis desa, bertujuan meningkatkan ekonomi, mempertahankan budaya, adat istiadat dan kebiasaan desa.

(Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved