Advertorial

Markus Resmikan SPALD-T Desa Air Belo, Menuju Lingkungan Lebih Sehat

Bupati Bangka Barat, Markus SH meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T)

Markus Resmikan SPALD-T Desa Air Belo, Menuju Lingkungan Lebih Sehat
Ist
Bupati Markus didampingi para kepala OPD, Kades Air Belo Benny Asbandi memotong pita menandai peresmian SPALD-T Program Sanimas IsDB TA 2019, Senin (20/01) 

BANGKAPOS.COM--Bupati Bangka Barat, Markus SH meresmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) skala permukiman pada program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) Islamic Development Bank (IDB) di RT 10 dusun III Pal III desa Air Belo, Kecamatan Muntok, Senin (20/1/2020) pagi.

SPALD-T ini dikelola oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ikhlas LKM Tunas Harapan yang meliputi pembangunan MCK kombinasi dan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) permukiman.

Bupati Markus berpose bersama masyarakat di sela acara peresmian
Bupati Markus berpose bersama masyarakat di sela acara peresmian (Ist)

Bupati Markus dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Balai Prasarana Permukiman Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Disperkimhub Bangka Barat dan masyarakat desa Air Belo yang telah mendukung pembangunan SPALD-T beserta jaringan perpipaannya hingga bisa selesai dan diresmikan.

"Pembangunan ini bersumber dari dana islamic development bank (IsDB) TA 2019 senilai Rp 425 juta. Bangunan SPALD-T ini merupakan bangunan ke 23 yang dibangun di Bangka Barat sejak tahun 2014 hingga 2019 dengan total dana selama kurun waktu lima tahun ini sebesar Rp 9,7 miliar," jelas Markus.

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan ini menyebut, pengadaan program Sanimas di Bangka Barat ini bertujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, meningkatkan kualitas sanitasi dan kebersihan lingkungan masyarakat serta menghindari pencemaran air tanah, sungai, dan sumber mata air akibat pembuangan limbah domestik.

Foto bersama sesaat usai peresmian
Foto bersama sesaat usai peresmian (Ist)

Markus berharap keberadaan SPALD-T di pal 3 tersebut dapat difungsikan sebagaimana mestinya, dijaga serta dipelihara dengan baik.

Senada disampaikan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Bangka Belitung, Miarka Risdawati juga berpesan agar Ipal Sanimas yang sudah dibangun dapat dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat.

"Semoga Ipal Sanimas ini tetap dijaga dan berjalan dengan baik, sebab kami akan melakukan monitoring secara berkala," tandasnya.

Adapun Koordinator LKM Tunas Harapan, Muswandi melaporkan bangunan SPALD-T ini merupakan bangunan ke-5 yang dibangun di desa Air Belo dari total 23 SPALD-T di kecamatan Muntok melalui program Sanimas IsDB. [Humas Bangka Barat]

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved