Berita Pangkalpinang

Pemasangan Alat Seismograf Pendeteksi Gempa di Bangka Belitung Belum Berkoordinasi dengan Bappeda

Kepala Bappeda Babel, Feri Insani, belum mengetahui terkait hal tersebut, tentunya mereka akan berkoordinasi kembali terkait pemasangan alat ini.

Pemasangan Alat Seismograf Pendeteksi Gempa di Bangka Belitung Belum Berkoordinasi dengan Bappeda
Bangkapos.com/Riki Pratama
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Provinsi Bangka Belitung, Feri Insani. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Terkait Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang yang telah memasang seismograf, alat pedeteksi gempa di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, dan Bangka Selatan pada 2020 ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Provinsi Bangka Belitung, Feri Insani, belum mengetahui terkait hal tersebut, tentunya mereka akan berkoordinasi kembali terkait pemasangan alat ini.

Ia menegaskan jangan sampai dengan adanya pemasangan alat ini, ditafsirkan masyarakat, bahwa Babel merupakan wilayah rawan gempa.

"Setahu saya belum ada surat masuk dari BMKG, cuman tahunya dari berita media, terkait pemasangan itu layak tidaknya dari mereka lebih tahu, tetapi ini bagus agar tahu ada tidak potensi gempa di Babel,"kata Feri Insani kepada wartawan ditempat kerjanya, Senin (20/1/2020).

Ia menambahkan, seharunya dalam upaya pemasangan alat tersebut, harus saling berkoordinasi, sehingga pihak Pemerintah Provinsi Babel mengetahuinya.

"Apakah mereka harus lapor ke kami sebetulnya koordinasi ke kami Bappeda sehingga tahu ingin masang dimana mana saja,"ungkapnya.

Namun Feri mengambil sisi positif pemasangan alat tersebut untuk bertujuan mendeteksi dini kemungkinan terjadi gempa nantinya, walaupun ia memastikan Babel bukan wilayah gempa.

"Mungkin mereka untuk berjaga-jaga meskipun Babel tidak ada gempa, kami akan koordinasi antar Pemerintah info ini harus jelas, karena selama ini tahunya di Babel tidak ada gempa dan kami juga telah mempromosikan di level Nasional, bahwa Babel aman tidak ada gempa dan tsunami dan jaraknya tempuh dari Jakarta tidak jauh," lanjutnya.

Terkait, wilayah mana saja yang dipasang, Feri mengatakan pihak bersangkutan yang lebih paham dan mengetahui itu, dengan tujuan untuk mendeteksi dini bila terjadi gempa.

"Mereka lebih tahu, namun ini baik untuk kita sebagai deteksi dini," kata Feri

Halaman
1234
Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved