Breaking News:

3 JENIS Resep Kue Lapis Legit Cocok Jadi Menu Rayakan Imlek

Kue ini pertama kali dikembangkan pada masa kolonial Belanda di Indonesia yang terinspirasi dari kue lapis Eropa.

Penulis: Dedy Purwadi
Editor: Edi Yusmanto

BANGKAPOS.COM-Ingin menyajikan sajian kue saat perayaan Tahun baru China atau saat perayaan Imlek 2571 Kongzili yang sebentar lagi akan di rayakan oleh setiap warga Tionghoa, pada hari Sabtu, (25/1/2020).

Makanan khas untuk menyambut tahun baru China atau perayaan Imlek yang merupakan spesial dan khas dengan unsur budaya masyarakat Tionghoa.
Selain kue keranjang, ada makanan yang kerap hadir saat Imlek, yaitu Lapis Legit.

Sejarah Lapir Legit

Dilansir dari Wikipedia, Lapir legit atau spekuk dalam bahasa Belanda adalah salat satu jenis kue basah tradisional dari Indonesia.

Kue ini pertama kali dikembangkan pada masa kolonial Belanda di Indonesia yang terinspirasi dari kue lapis Eropa. Lapis legit dibuat dari berbagai macam rempah-rempah yang memang sangat disukai oleh orang-orang Eropa, di antaranya adalah kapulaga, kayu manis, cengkih, bunga pala, dan adas manis sehingga rasanya sangat khas kaya akan aroma rempah. Kue berbahan dasar kuning telur, tepung terigu, gula, dan mentega/margarin ini memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur yang lembut namun kokoh.

Adonan kue dipanggang dalam oven secara bertahap hingga membentuk lapisan-lapisan yang umumnya berjumlah 18 lapisan atau lebih. Karena banyaknya lapisan pada lapis legit, kue ini dikenal juga dengan sebutan kue seribu lapis.

Di Indonesia kue ini sangat populer. Lapis legit biasanya disajikan pada acara-acara tertentu dan hari-hari raya, seperti Imlek, Lebaran, dan Natal.

Sedangkan untuk kalangan masyarakat Tionghoa, lapis legit memiliki sejarah yang sangat mengakar. Lapis legit menjadi sajian wajib pada perayaan Tahun Baru Imlek. Mereka percaya jika semakin banyak lapisan pada kue tersebut maka semakin berlipat-lipat rezeki yang akan didapatkan.

Bagaimana kalau kita bikin tampil beda dengan 3 resep serba lapis legit berikut yang dikutip dari sajiansedap.grid.id Anda dijamin akan bisa mempraktikannya.

Berikut Tiga Resep Lapis Legit :

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved