Berita Sungailiat

Dua Tersangka Karhutla Praperadilankan Polres Bangka, Besok Sidang Perdana Digelar

Sidang praperadilan ini diajukan oleh pemohon karena pihak pemohon keberatan terhadap penetapan tersangka Karhutla (kebakaran hutan dan lahan)

Dua Tersangka Karhutla Praperadilankan Polres Bangka, Besok Sidang Perdana Digelar
Bangkapos.com/Fery Laskari
R Narendra Mohni, Humas PN Sungailiat 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Besok, Rabu (22/1/2020) sidang praperadilan Polres Bangka digelar. Permohonan praperadilan telah diajukan oleh pihak pemohon, tersangka Abdullah alias Dul Ketam dan tersangka Herman ke Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat melalui Abdul Jalil dkk, Kuasa Hukum Tersangka.

Kepastian ini ditegaskan oleh Ketua PN Sungailiat, Fatimah diwakili Humas PN, R Narendra Mohni kepada Bangka Pos, Selasa ,(21/1/2020).

"Sidang pertama mulai besok (Rabu) dipimpin Hakim Tunggal, Oloan Hutabarat," kata Narendra.

Sidang praperadilan ini diajukan oleh pemohon karena pihak pemohon keberatan terhadap penetapan tersangka Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) pada diri mereka oleh Penyidik Polres Bangka.

"Bahwa perkara praperadilan sudah diregister dalam register perkara Nomor :1/Pid Pra/2020/PN Sgl, atas nama Pemohon Abdullah, diwakili kuasanya, Abdul Jalil SH,Putra Arta SH,DR Zaidan, Eka Hadiyunita SH," kata Narendra.

Sedangkan Termohon, Kapolri RI Cq Kapolda Babel Cq Kapolres Bangka Cq Kasat Reskrim Bangka. Sementara yang dijadikan obyek menurut pemohon adalah tidak sahnya penetapan tersangka terhadap pemohon.

"Persidangan itu sendiri menurut rancangan kalender persidangan yang dibuat hakim tunggal akan dimulai dengan agenda pembacaan permohonan pada Hari Rabu, Tanggal 22 Januari 2020," kata Narendra.

Kemudian setelah itu, agenda sidang dilanjutkan pada acara jawaban dari termohon.

Setelah acara jawaban masing-masing pihak diberikan hak lagi untuk mengajukan tanggapan berupa replik untuk pemohon dan duplik bagi termohon, apabila para pihak masih ingin memberikan tanggapan.

"Kemudian sidang rencananya dilanjutkan dengan acara pembuktian oleh masing-masing pihak. Setelah itu para pihak mengajukan kesimpulan dan kemudian terakhir hakim akan memberikan putusan terhadap permohonan tersebut," jelas Kiki, sapaan akrab Humas PN Sungailiat, R Narendra Mohni.

Halaman
12
Penulis: ferylaskari
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved